METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN BACAAN SALAT FARDHU DI SDIT FATAHILLAH

Publikasi Unusia

METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN BACAAN SALAT FARDHU DI SDIT FATAHILLAH

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN BACAAN SALAT FARDHU DI SDIT FATAHILLAH
Penulis: LINTANG MULYADI
Abstrak: ABSTRAK LINTANG MULYADI. NIM. 2018121102502 : METHOD OF PEOPLE TUTORS FOR IMPROVING THE MEMORY OF READING FARDHU Salat in SDIT FATAHILLAH Skripsi ini membahas tentang penindakan tindakan kelas menggunakan metode tutor sebaya dan berpengaruh terhadap peningkatan hafalan bacaan salat dan keaktifan siswa dalam menghafal di kelas III Jenderal sudirman di SDIT Fatahillah Cirebon Tahun pembelajaran 2021 / 2022 . kajiannya dilatar belakangi oleh begitu meningkatnya dan kuat daya saing antar sekolah di era modern ini, setiap sekolah selalu memanfaatkan dan memberikan motivasi dan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh ketika guru sedang memberikan pembelajaran di kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu bentuk penghambatan dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Suasana akan menjadi canggung dan kaku Penelitian ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan daya dukung dalam meningkatkan hapalan bacaan salat fardu kelas III di SDIT Fatahillah Cirebon Tahun pembelajaran 2021 / 2022. Teknik yang digunakan dalam menjaring data tentang pemantauan tindakan (action) adalah terbentuk catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Catatan lapangan dilakukan secara langsung dan dibantu dengan menggunakan kamera sebagai dokumentasi. Catatan wawancara dilakukan dengan wawancara guru dan kepala sekolah. Dalam pengisian lembar instrumen, pengamat memberikan tanda checklist (V) pada skala kemampuan menghapal bacaan salat fardu yang sesuai. Model yang digunakan adalah model skala Thurstone, yaitu untuk mengukur kemampuan menghapal baacaan salat fardu anak seketika mengerjakan tugas-tugas tersebut Setiap butir indikator diberikan tanda checklist (V) pada kolom ya dan tidak. Setiap butir diberi skor 1-0 sesuai dengan tingkat jawabannya dengan signifikan. Penerapan metode tutor sebaya diharapkan dapat memberikan efek bagi siswa dalam meningkatkan daya ingat menghapal bacaan salat ini, dan siswa akan merubah cara belajar dari belajar fasif menjadi belajar aktif, penelitian ini, diharapakan menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi kegiatan belajar dan mengajar di sekolah khususnya di SDIT Fatahillah Cirebon. Kata kunci : Peningkatan, Tutor sebaya, skala thurstone
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : Peningkatan, Tutor sebaya, skala thurstone Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1swk26BI7mr8q8xX_Pn8r1jBq0cjl4Z8O
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2834


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya