Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI MDTA AL-FATAH CIREBON |
| Penulis: | SITI MAEMUNA |
| Abstrak: | SITI MAEMUNA. NIM. 2018.1.21.1.02581 PERAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-FATAH KELAS III PONDOK PESANTREN AL-FATAH P.GRENJENG KOTA CIREBON. Penanaman akhlak sejak dini pada anak akan membantunya dalam bersosialisasi dengan lingkungannya, baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Anak akan terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama. Melihat kondisi ini hal yang paling penting untuk dilakukan demi kesalehan individu dan sosial anak-anak khususnya dan semua orang orang pada umumnya adalah pendidikan dan penanaman akhlak. Pendidikan dapat dipahami sebagai aktivitas ( upaya sadar) yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dalam aspek perkembangan jasmani dan ruhani, baik secara formal, informal maupun non-formal. Tujuan penelitian ini secara umum dimaksudkan untuk menjawab pokok permasalahan, yaitu bagaimana pendidikan akhlak di MDTA Al Fatah, dari proses hingga evaluasi dan dampak apa terhadap proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kompratif melalui survey primer dengan teknik wawancara mendalam dan tidak terstruktur terhadap narasumber terkait yang memahami seluk beluk kegiatan pembinaan akhlak di sekolah. Teknik analisis menggunakan langkah-langkah meliputi reduksi dengan menelaah kembali catatan lapangan, studi kasus dan studi dokumentasi, display data, mensistematiskan pokok-pokok informasi sesuai dengan tema dan polanya dan menafsirkan data apa adanya serta membandingkan dengan rujukan bahan pustaka, diakhiri dengan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di MDTA Al- Fatah bahwa peran guru terhadap pendidikan akhlak anak di MDTA Al- Fatah P.Grenjeng berdasarkan dari hasil wawancara peneliti menyimpulkan bahwa telah jelas dipaparkan oleh para narasumber tentang akhlak anak madrasah yang mengalami suatu perubahan selama masuk madrasah, pendidikan akhlak menurut para narasumber di madrasah Al-fatah cukup baik. Dan guru memegang peranan penting dalam pendidikan akhlak anak di madrasah. Seperti dengan memberi tauladan yang baik bagi anak-anak madrasah. Dalam hal ini di MDTA AL-FATAH guru-guru dibantu oleh para ustad dan ustadzah dan wali santri pada prakteknya karena berbasis pesantren. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Peran , Akhlak dan Peserta didik Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1JoE_76f5noD2pgdAVvXjN8vjRpD29b2W
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2830 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||