Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | MODEL PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA SMP IT AL BURHANY KABUPATEN CIREBON |
| Penulis: | RISKA RAHAYU |
| Abstrak: | ABSTRAK Riska Rahayu NIM. 2018.1.21.1.02547 : MODEL PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA SMP IT AL BURHANY KABUPATEN CIREBON Mengacu pada latar belakang masalah bahwa pentingnya pembinaan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah tersebut serta relevansinya terhadap permasalahan moral dan karakter. SMP IT Al Burhany memiliki perpaduan program dari pemerintah dan pendidikan Islam akan menjadi program khusus di lembaga ini. Selain itu budaya sekolah yang diterapkan di SMP IT Al Burhany juga berbeda dengan sekolah lainnya yaitu menerapkan program-program kegiatan dalam rangka membudayakan nilai-nilai yang positif. Tujuan penelitian ini mencakup beberapa hal yaitu, Untuk mendeskripsikan model pengembangan kepribadian siswa pada SMP IT Al Burhany Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan keagamaan di SMP IT Al Burhany, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan kepribadian siswa melalui pembinaan keagamaan pada SMP IT Al Burhany Desain penelitian pada hakikatnya merupakan rencana aksi penelitian (action plan) berupa seperangkat kegiatan yang berurutan secara logis yang menghubungkan antara pertanyaan penelitian yang hendak dijawab dan kesimpulan penelitian yang merupakan jawaban terhadap masalah penelitian. Hasil penelitian SMPIT Al Burhany menerapkan model pengembangan kepribadian siswa melalui pembinaan keagamaan dalam upaya membudayakan nilai-nilai positif yaitu salah satunya pembinaan keagamaan, seperti program budaya sopan santun, budaya 5s. Kemudian pengembangan kepribadian siswa di SMPIT Al Burhany yaitu antara lain; Tahfidz al Qur’an dan mengaji kitab kuning, Budaya sopan santun dan Tata Tertib SMPIT Al Burhany. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan keagamaan yaitu faktor penghambatnya adalah yang pertama kurangnya dana untuk bidang keagamaan, Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa SMPIT Al Burhany menggunakan model sebagai berikut; Tahfidz Qur’an dan mengkaji kitab kuning,budaya sopan santun, tata tertib SMPIT Al Burhany serta kegiatan ekstrakurikuler sekolah seperti pramuka dan kegiatan kerohaniahan Islam yang di sisipi dengan nilai-nilai keIslaman yang disebut dengan Wahdaniyah. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Model Pengembangan, Kepribadian Siswa, Pembinaan Keagamaan Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1AqZkAa1nRvJfaG566880sT6sRlzcxWoY
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2825 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||