Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V Di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan Cirebon

Publikasi Unusia

Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V Di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author ZIANATUL MA'LA MUFIDAH
dc.contributor.editor ZIANATUL MA'LA MUFIDAH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:25:54Z
dc.date.available 2023-06-04T11:25:54Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.1.21.1.02578
dc.identifier.citation Prof. Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF. ALFABETA BANDUNG.
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1JQuLoQkpKZd0tzLCP9xAsMRVT5-SdF-1
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2819
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter Referensi : Prof. Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF. ALFABETA BANDUNG.
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran akidah akhlak di sekolah yang mengalami masalah dengan kondisi sekolah yang kurang baik, oleh karena itu sekolah sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan perlu penanganan yang lebih intensif untuk memberikan nilai-nilai akhlak yang luhur, terutama untuk pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui seberapa baik pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa kelas V MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan. 2) untuk mengetahui pembentukan karakter siswa kelas V dalam pembelajaran akhlak di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan. 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa kelas V MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan melalui jenis penelitian eksperimen, dengan jenis desain penelitian asosiatif kausalitas. Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada sampel 30 siswa dengan menggunakan validitas, reliabilitas instrumen, deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) pembelajaran akidah akhlak berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai persentase 92,50% pada interval 80,00%-100% dengan kategori sangat baik. 2) pembentukan karakter siswa kelas V dalam pembelajaran akidah akhlak di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data, nilai persentase 92,28% berada pada interval 80,00%-100% dengan kategori sangat baik. 3) pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa kelas V MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan berpengaruh sebesar 12,6% sedangkan sisanya 87,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. dari t tabel = 1,701, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (pembelajaran akidah akhlak) terhadap variabel Y (pembentukan karakter kelas V). Kesimpulannya, pembelajaran akidah akhlak berhasil meningkatkan pembentukan karakter siswa kelas V MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan Cirebon.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter
dc.title Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V Di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan Cirebon
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685877954457_IMG-20220803-WA0017.jpg 90.52Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V Di MIS Raudatul Mubtadiin Gembongan Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya