EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA KABUPATEN CIREBON
Penulis: FIDDINI ASIHSYAFITRI
Abstrak: FIDDINI ASIHSYAFITRI. NIM. 2018.1.21.1.02475 : Efektivitas Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTS Bina Cendekia Mertapada Kabupaten Cirebon. Skripsi ini membahas Efektivitas Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di MTS Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon. Kajian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mendapatkan hasil belajar nilai kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebelum menggunakan model Index Card Match. 2) mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits setelah menggunakan model Index Card Match. 3) mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadits sebelum dan sesudah menggunakan model Index Card Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta desain one group pre-test and post-test the desain. Populasi yang digunakannya yaitu kelas VII MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 74 siswa dibagi menjadi 3 kelas, sebagai pengambilan sampel dilakukan di kelas VII A dengan teknik test pretest dan post-test. Hasil sebelum menggunakan model pembelajaran Index Card Match nilai rata-ratanya 33,57 dan skor terendahnya 13 dan skor tetingginya 80. Sedangkan hasil nilai sesudah menggunakan model pembelajaran Index Card Match nilai rata-ratnya adalah 79,53, skor terendahnya 70 dan skor tertingginya 96, siswa menjadi semangat dan aktif dalam belajar. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest 33,57, sedangkan nilai rata-rata postest 79,53 sehingga ada peningkatan sebanyak 45,96. Penggunaan model pembelajaran Index Card Match diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi siswa di sekolah. Dengan model pembelajaran Index Card Match ini siswa akan lebih bersemangat dan aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Deskripsi: Kata Kunci : Model Pembelajaran, Index Card Match, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=19ZuVUEJb8EyY-_Sy-t3mO3F2VJQ4ZJjP
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2817


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya