Hubungan Literasi Keagamaan Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka Tahun Ajaran 2021/2022

Publikasi Unusia

Hubungan Literasi Keagamaan Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka Tahun Ajaran 2021/2022

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Hubungan Literasi Keagamaan Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka Tahun Ajaran 2021/2022
Penulis: LELI FERLINA
Abstrak: LELI FERLINA. NIM 2018.1.21.1.02499 HUBUNGAN LITERASI KEAGAMAAN DENGAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS XI MAN 3 MAJALENGKA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi ini membahas tentang hubungan literasi keagamaan dengan hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 3 Majalengka tahun ajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya peningkatan hasil belajar fikih siswa kelas XI di MAN 3 Majalengka dan kurang optimalnya kegiatan literasi keagamaan di MAN 3 Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keagamaan siswa dan hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 3 Majalengka dan untuk mengetahui korelasi antara literasi keagamaan dengan hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 3 Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan dengen jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang kegiatan literasi siswa dan dokumen untuk mendapatkn data hasil belajar fikih siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 30 responden. Data penelitian kedua variabel diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan tingkat literasi keagaamaan siswa kelas XI MAN 3 Majalengka berkategori sedang, hal ini diketahui dari harga persentase literasi keagamaan yang didapat yaitu 65%, kategori hasil belajar fikih siswa yaitu tinggi, hal ini berdasarkan harga persentase hasil belajar fikih yaitu 81,73%. Hubungan literasi keagamaan dengan hasil belajar fikih siswa memiliki hubungan yang sangat erat, hal ini diketahui dari nilai uji korelasi Pearson Product Moment yang bernilai positif dan signifikan yaitu rxy = 0,902. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu memiliki nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan 5% yaitu 0,05 > 0,000, artinya Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut, berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini berbunyi ‘Terdapat Hubungan yang Positif Antara Literasi Keagamaan dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka”. Penelitian ini menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikn antara literasi keagamaan dengan hasil belajar fikih siswa. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informsi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di MAN 3 Majalengka khususnya mata pelajaran fikih. Kata Kunci: fikih, hasil belajar, literasi keagamaan
Deskripsi: Kata Kunci : fikih, hasil belajar, literasi keagamaan Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1_4jXCkriD--WPNKdR5kxpPvYBmIJDz03
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2813


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685877943189_COVER ok (1)_page-0001.jpg 194.3Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Hubungan Literasi Keagamaan Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka Tahun Ajaran 2021/2022
1685877943963_Berupa link file 0byte application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis Hubungan Literasi Keagamaan Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI MAN 3 Majalengka Tahun Ajaran 2021/2022

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya