IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA MAN 3 KABUPATEN CIREBON BUNTET PESANTREN

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA MAN 3 KABUPATEN CIREBON BUNTET PESANTREN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA MAN 3 KABUPATEN CIREBON BUNTET PESANTREN
Penulis: SAONA
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota Gerakan pramuka MAN 3 Cirebon. Kajian ini dilatar belakangi oleh ketidak disiplinan siswa anggota gerakan pramuka pada masa awal ajaran baru, untuk menanamkan kedisiplinan sepertinya tidak cukup hanya menggunakan proses kegiatan belajar mengajar di kelas saja, karena hal tersebut harus ada program pendamping untuk pencapaiannya. Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu hal yang memiliki kriteria hal tersebut. Hal ini cukup beralasan, mengingat hakikat pramuka adalah Pendidikan diluar KBM yang membantu kita dalam mendidik dan membina anak-anak dan pemuda sehingga membangun manusia yang berjiwa Pancasila dan membangun seluruh masyarakat Indonesia melalui pendidikan pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon; (2) Untuk mengetahui kebenaran bahwa kegiatan pramuka dapat membentuk karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon; (3) mengetahui kelebihan dan kelemahan dari kegiatan pramuka MAN 3 Cirebon. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data penulis menggunakan deskriptif kualitatif dengan reduksi data kemudian meng display data dengan menguraikan singkat dan menyimpulkan secara fleksibel. Hasil penelitian yang di dapat menunjukan bahwa (1) kegiatan pramuka di MAN 3 Cirebon banyak menggunakan metode pendekatan dan pembiasaan dalam pembentukan karakter disiplin siswa yaitu diawali dengan narasi pengalaman dan dilanjut dengan reward dan punishment, perintah dan arahan secara langsung. (2) Implementasi kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter disiplin di MAN 3 Cirebon sudah berjalan secara semestinya, hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian 3 indikator kedisiplinan. Disiplin waktu, disiplin waktu belajar, dan disiplin terhadap diri sendiri. Faktor pendukung nya yaitu dukungan dari kepala madrasah, Pembina yang berpengalam dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya yaitu berada dalam lingkungan pesantren dan urangnya minat dari siswanya sendiri.
Deskripsi: Kata Kunci : Pendidikan, karakter, disiplin, pramuka. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1EbVujwYD9eMiUltsXYBE2OsmsztJdbnm
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2808


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685877929359_COVER FIKS.jpg 44.55Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA MAN 3 KABUPATEN CIREBON BUNTET PESANTREN
1685877930781_SAONA.pdf 374.0Kb application/pdf Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA MAN 3 KABUPATEN CIREBON BUNTET PESANTREN

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya