IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ISLAMIYAH MUNDUPESISIR KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ISLAMIYAH MUNDUPESISIR KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ISLAMIYAH MUNDUPESISIR KABUPATEN CIREBON
Penulis: NOPITA SARI
Abstrak: NOPITASARI NIM 2018.1.21.1.0252 IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ISLAMIYYAH MUNDUPESISIR Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan menimbulkan perubahan dalam dirinya untuk berfungsi secara baik dalam kehidupan masyarakat. Siswa dapat bertumbuh kembang dalam perubahan dirinya dengan baik disebuah lembaga pendidikan yaitu dengan proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi dalam peningkatan hasil belajar akidah akhlak siswa di Mts Islamiyyah Mundupesisir. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak di Mts Islamiyyah Mundupesisir. Objek penelitian ini berupa model implementasi metode pembelajaran diskusi dalam optimalisasi belajar. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini digunakan teknik Purposive Sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi metode pembelajaran diskusi di Mts Islamiyyah Mundupesisir telah berjalan dengan baik. Dalam proses pelaksanaan metode diskusi terdapat langkah-lanngkah sebagai berikut: Pertama yaitu guru harus melakukan pembukaan sebelum pembelajaran dimulai, yang kedua yaitu guru harus melakukan kegiatan inti selama pembelajaran dan yang ketiga yaitu kegiatan penutupan sebelum pembelajaran ini selesai guru hrus melakukan penutupan tersebut agar proses pembelajaran ini sama dan sesuai dengan kurikulum 2013 ini. menjelaskan tujuan pembelajaran serta kompetensi yang dicapai, dan membuat 4 kelompok diskusi. Kedua, Pelaksanaan, memberi materi dan suatu permasalahan untuk didikusikan, membimbing dan menjaga suasana kelas, mempresentasikan hasil diskusi, memberi pertanyaan dan tanggapan kepada kelompok yang presentasi, memberi uraian tambahan dan memperbaiki apabila ada kesalahan, dan mengumpulkan hasil diskusinya. Ketiga, Respon Siswa, siswa menguasai materi diskusi, memiliki keterampilan bertanya dan menjawab, memiliki rasa ingin tahu, dan aktif dalam diskusi.
Deskripsi: Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1CXf9dCWYDFQE6EpQiLOjWdMU2GYnCOGa
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2807


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya