EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI MURID KELAS IV SD NEGERI BUNIGEULIS

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI MURID KELAS IV SD NEGERI BUNIGEULIS

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI MURID KELAS IV SD NEGERI BUNIGEULIS
Penulis: RIDWAN MAULANI
Abstrak: ABSTRAK RIDWAN MAULANI. NIM. 2018.1.21.1.02545 : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PELAJARAN PAI MURID KELAS IV SD NEGERI BUNIGEULIS Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Murid Pada Pelajaran PAI Murid Kelas IV SD Negeri Bunigeulis. Pemanfaatan sarana prasarana yang kurang. pada saat pembelajaran PAI menyebabkan kejenuhan murid pada saat proses belajar. Hal tersebut merupakan salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar murid pada pelajaran PAI murid kelas IV di SD Negeri Bunigeulis Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Pada penelitian ini populasi seluruhnya dijadikan sampel atau disebut sampling total. Subyek penelitian yang dilakukan sebanyak 14 responden. Selanjutnya dilakukan uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Pengambilan data yang pertama dilakukan sebelum murid diberikan treatment (Pretest). Selajutnya kemudian dilakukan pengambilan data yang kedua dilakukan setelahnya murid diberikan treatment. Dalam menganalisis data digunakan uji normalitas dan uji t. Adapun hasil dari analisis statistik dengan menggunakan software SPSS versi 26 dengan menggunakan Paired Sampel Test, dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan video pembelajaran dengan setelah menggunakan video pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan –thitung = -26,955 < -ttabel = -2,179 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara itu, dari perolehan nilai signifikasni didapat Sig. 0,000 sehingga nilai signifikan kurang dari 0,05 yaitu Sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari asumsi diatas disimpulkan bahwa video pembelajaran efektif terhadap minat belajar pada pelajaran PAI murid kelas IV SD Negeri Bunigeulis. Selanjutnya, pemanfaatan video pembelajaran diharapkan merubah cara belajar dari yang tadinya belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah terkhusus SD Negeri Bunigeulis.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Minat, Video. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1wadRArMzKAsFV8Q3KJpoP08xUyMgr5HQ
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2805


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya