NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PANGERAN DAN JANISSARY TERAKHIR; KISAH, KASIH, DAN SELISIH DALAM PERANG DIPONEGORO KARYA USTADZ SALIM A. FILLAH (KAJIAN SUBSTANSI DAN METODE)

Publikasi Unusia

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PANGERAN DAN JANISSARY TERAKHIR; KISAH, KASIH, DAN SELISIH DALAM PERANG DIPONEGORO KARYA USTADZ SALIM A. FILLAH (KAJIAN SUBSTANSI DAN METODE)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PANGERAN DAN JANISSARY TERAKHIR; KISAH, KASIH, DAN SELISIH DALAM PERANG DIPONEGORO KARYA USTADZ SALIM A. FILLAH (KAJIAN SUBSTANSI DAN METODE)
Penulis: FAUZIAH MUTI'ATURROBBANI
Abstrak: FAUZIAH MUTI’ATURROBBANI. NIM. 2018.1.21.1.02474 : NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PANGERAN DAN JANISSARY; KISAH, KASIH, DAN SELISIH DALAM PERANG DIPONEGORO KARYA USTADZ SALIM A. FILLAH (KAJIAN SUBSTANSI DAN METODE) Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pangeran dan Janissary Terakhir karya Ustadz Salim A. Fillah (Kajian Substansi dan Metode). Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya novel yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil hikmah dan pelajaran serta untuk menambah wawasan bagi masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya nilai-nilai pendidikan Islam dan metode yang digunakan dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Model penelitian yang diggunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan content analysis atau analisis isi. Tehnik penelitian yang digunakan adalah tehnik telaah dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan kredibilitas, realibilitas, dan objektivitas. Fokus penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan metode yang digunakan penulis dalam novel tersebut. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam novel Sang Pangeran dan Janissary Terakhir adalah nilai-nilai ibadah, nilai-nilai aqidah, dan nilai-nilai moral atau akhlak. Metode yang digunakan adalah metode bil-hikmah, metode mauidzah hasanah, dan metode mujadalah. Selain hal-hal yang telah disebutkan, terdapat pengetahuan tentang latar belakang peristiwa Perang Diponegoro dan terlibatnya pasukan Belanda terhadap pemerintahan Kesultanan Yogyakarta. Serta terdapat relevansi terhadap materi Aqidah Akhlak dan Fiqih di kelas X Madrasah Aliyah. Novel Sang Pangeran dan Janissary Terakhir ini diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam dunia pendidikan sebagai salah satu buku bacaan yang bisa dijadikan rujukan untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam sekaligus menambah wawasan pengetahuan tentang tokoh dan sejarah.
Deskripsi: Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Novel Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1tCSW2Gg8a6gZ-PUqK-PMHuPUM3clSFWe
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2804


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya