Tantangan guru pai dalam perubahan era globalisasi revolusi industri 4.0 di smp nu babakan

Publikasi Unusia

Tantangan guru pai dalam perubahan era globalisasi revolusi industri 4.0 di smp nu babakan

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Tantangan guru pai dalam perubahan era globalisasi revolusi industri 4.0 di smp nu babakan
Penulis: M. IKHWAN MAULANA
Abstrak: Mohamad ikhwan maulana N.I.M 2018.21.1.02505 “Tantangan Guru PAI Dalam Menghadapi Perubahan Era Globalisasi Industri Teknologi 4.0 Di SMP NU Babakan - Gebang. Penelitian ini bertujuan untuk mendepskripsikan tantangan guru pendidikan agam islam dalam mengahadapi perubahan di era perubahan globalisasi revolusi industri 4.0 di SMP NU Babakan-Gebang metode penelitian yang di gunakan deskripsi kualitatif.penelitian menunjukan bahwa tantangan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam diera globalisasi revolusi industri 4.0 yang terus berubah,ada beberapa tantangan yang salah satunya adalah guru di tutuntu harus melek digital.pembelajaran 4C komunikasi, dalam pembelajaran diharapkan terjadinya terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan tiga arah siswa dengan siswa yang melibatkan guru dengan adanya interaksi diharapkan nanti mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna Kolaborasi, pembelajaran diharapkan terjadinya kolaborasi satu sama lainnya untuk meraih tujuan bersama. Kritis, siswa hendaknya dilatih untuk mampu berpikir kritis dalam setiap kegiatan pembelajaran.penulis menjelaskan bahwa ada beberapa cara dalam menghadapi tantangan pendidikan di era revolusi industry 4.0 melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan guru dengan berperan aktif di sekolah. Beberapa kompetensi yang dianggap penting untuk dikuasai guru diabad 21 diantaranya adalah kemampuan kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, inovasi, problem solving, kecakapan ICT dan berkarakter. Era globalisasi dengan segala aspeknya menuntut guru untuk memiliki berbagai keterampilan yang mendukung daya inovasi dan kreativitasnya agar dapat berkompetisi pada masyarakat global. Guru haruslah memiliki kesadaran dan pandangan baru bahwa pendidik era saat ini tak bisa lagi berperan sepenuhnya sebagai agen yang mentrasfer ilmu pengetahuan tetapi juga melahirkan gerakan baru dan atau inovasi guru wajib melek dalam digititalisasi dan mampu bersaing dalam masalah perubahan belajar mengajar semakin berkembang untuk meningkatakan pembeljaran penulis menemukan suatu aplikasi yang bermanfaat yaitu aplikasi querter yang mampu meringankan seorang pengajar dalam era revolusi industri 4.0.ya itu kurangnya jam pembelajaran yang berdampak pada pengajar pendidikan agama yang membuat seorang guru pai kewalahan untuk memberi pelajaran yang membuat peserta didik yang berahlak. Kesimpulanya Dari hasil penelitian diatas penulis menyimpulkan bahwasanya tantangan guru Pendidikan agama islam di era revolusi industri 4.0 adalah guru wajib melek dalam digititalisasi dan mampu bersaing dalam masalah perubahan belajar mengajar yang setiap tahun yang semakin berkembang untuk meningkatakan pembeljaran penulis menemukan suatu aplikasi yang bermanfaat yaitu aplikasi querter yang mampu meringankan seorang pengajar dalam era revolusi industri 4.0.guru PAI, anda harus meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anda tentang teknologi agar dapat menerapkan pengetahuan ini dalam proses pengajaran, terutama di era globalisai
Deskripsi: Kata Kunci : Globalisasi 4.0, PAI, Tantangan guru, revolusi indusrti Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1d9jBR1MXu9CgV8kQVm0OoyWpZIEyWRP5
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2802


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya