PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA WETAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA WETAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS BINA CENDEKIA MERTAPADA WETAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: PUJI SURYANI TAHIR
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa kelas VIII MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan tiga permasalahan yaitu : bagaimana model pembelajaran di MTs Bina Cendekia, bagaimana hasil belajar akidah akhlak kelas VIII MTs Bina Cendekia, dan bagaimana pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan model pembelajaran jigsaw mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak dan seberapa kuat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Bina Cendekia Kabupaten Cirebon Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi hasil nilai angket dan tes 30 responden.. hasil nilai angket dan tes responden ini digunakan untuk mengetahui variabel X maupun untuk mengetahui variabel Y. Hasil analisis deskriptif menunjukan model pembelajaran jigsaw siswa kelas VIII di MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan sangat baik, hal ini ditunjukan oleh nilai presentase 83,56% sedangkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon tergolong sangat baik dengan nilai presentase 91,22%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Bina Cendekia Mertapada Wetan Kabupaten Cirebon dibuktikan dengan hasil uji t, dimana thitung lebih besar dari ttabel (2,572 > 2,048407), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Deskripsi: Kata Kunci : Pengaruh, Hasil Belajar, Model pembelajaran Jigsaw Referensi : Sudjana, nana. (2022). Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru. Retrieved from Jurnal
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1POQSqHbAh60711m9J_7q17v9reFYtZ_k
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2797


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya