EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS SALAFIYAH BODE KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS SALAFIYAH BODE KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS SALAFIYAH BODE KABUPATEN CIREBON
Penulis: IKA NINTIYAS SRI WULAN
Abstrak: IKA NINTIYAS SRI WULAN. NIM. 2018.1.21.1.02487 : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS SALAFIYAH BODE KABUPATEN CIREBON Dalam sebuah proses mengajar, dua unsur sangat penting adalah model pembelajaran dan media pembelajaran, kedua konsep ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu model pembelajaran tentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, seperti tujuan pembelajaran dan respon yang diharapkan dikuasai siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang kurang bervariatif yang digunakan oleh pendidik seperti ceramah dan tanya jawab masih belum membuat peserta didik senang dalam proses pembelajaran. Apabila sudah diawali rasa tidak senang dalam belajar tersebut akibatnya akan sulit untuk mengembangan kemampuan dalam berpikir. Model pembelajaran pada hakikatnya merupakan bentuk pembelajaran yang terpapar dari awal sampai akhir yang disuguhkan secara khusus oleh guru. Dari percobaan yang diakukan didapatkan hasil pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pembelajaran yang variatif dan efektif terhadap perkembangan nilai siswa. Metode pengajaran yang telah dikembangkan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Apabila seorang guru memilih metode mengajar yang kurang tepat dalam mengajar akan mengakibatkan ketidak jelasan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian asosiatif, dengan desain penelitian one group pre-test post-test desaign. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada sampel sebanyak 36 siswa dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis statistik, uji paired sampel t-test dan hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Model pembelajaran jigsaw berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai persentase sebesar 62,25% berada pada interval 60,00-79,99% dengan kategori baik. 2) hasil belajar fiqih kelas VII berdasarkan hasil analisis pengolahan data diperoleh nilai persentase sebesar 76,46% berada pada interval 60,00-79,99% dengan kategori baik. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fiqih sebelum dan sesudah menggunakan model jigsaw diketahui bahwa nilai sig 0,000 0,005. Hipotesis penelitian didapatkan nilai (12,854) > (1,691) artinya signifikan. Kesimpulannya model pembelajaran jigsaw efektif dan signifikan terhadap hasil belajar fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Bode Kabupaten Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Model Jigsaw, Hasil Belajar Fiqih Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1PNFiOw4dN_gcmq9OK65up0SrI-jPE1Ky
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2791


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya