Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | Penanaman Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Madrasah di MTsN 1 kota Cirebon |
Penulis: | FITRI NUR INDAH SARI |
Abstrak: | Dalam membangun karakter yang baik dalam diri anak didik, lembaga pendidikan semestinya menerapkan semacam “budaya sekolah” dalam rangka membiasakan karakter yang di bentuk. Salah satu contoh sekolah yang memiliki budaya sekolah yang kokoh dan islami yang bertujuan dalam membangun karakter siswa dan mempersiapkan siswa mencapai keberhasilan akademis adalah Sekolah MTs N 1 Kota Cirebon. Untuk mendongkrak moralitas dan agama anak didiknya, Sekolah MTs N 1 Kota Cirebon menstimulus anak dengan kegiatan-kegiatan yang islami dan bermoral. Salah satunya dengan memberikan kegiatan pembiasaan budaya sekolah, yang didalamnya banyak kegiatan keagamaan yang terkandung sebuah makna untuk menumbuhkan moral siswa dan menciptakan karakter peserta didik. Rumusan masalah yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana bentuk-bentuk budaya sekolah yang dikembangkan di Sekolah MTs N 1 Kota Cirebon. Kedua, Bagaimana budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah MTs N 1 Kota Cirebon. Untuk mencapai hasil penelitian diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus di MTs N 1 Kota Cirebon dengan subjek, guru kelas, kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, member chek, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ditunjukan bahwa: (1) budaya sekolah yang di kembangkan di MTs N 1 Kota Cirebon yaitu dalam bentuk kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin yang meliputi Sholat berjamaah, Check list ibadah harian, , Membersihkan kelas, Membiasakan izin sebelum keluar kelas, Tahfidz juz ammah, Apel pagi, Shodaqoh jum’at, Sabtu bersih, Membersihkan masjid, Sholat Jum’at berjamaah, Infaq jum’at, kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan setiap minggunya. Dan melalui pengembangan diri yang bersifat keteladanan meliputi membiasakan peka hidup bersih, membiasakan peka hidup rapi, membiasakan peka lingkungan soasial.(2) melalui budaya sekolah yang telah di terapkan dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik, dari kegiatan pembiasaan tersebut dapat membentuk karakter antara lain: religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, integritas. Karakter yang di tanamkan merpakan karakter yang baik dan mulia. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Budaya Sekolah, Pembentukan Karakter Referensi : |
URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1qZASDAcG_NGxay1wIGFxQVB7Skyaj0L4
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2787 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |