PENGARUH METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 CIPINANG KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 CIPINANG KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 CIPINANG KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON
Penulis: OPAH MUSAROPAH
Abstrak: OPAH MUSAROPAH NIM. 2018121102536: “PENGARUH METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI CIPINANG KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON” Agama Islam akhlak memiliki kedudukan yang istimewa. Hal ini berdasarkan kaidah bahwa Rasulullah SAW menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai isi yang paling penting dalam agama Islam. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin berkembang membuat akhlak peserta didik mudah terpengaruhi oleh perkembangan teknologi yang berdampak buruk bagi peserta didik yaitu salah satunya kecanduan gadget, makabdi era sekarang perlu sekali pembiasaan yang berpengaruh positif terhadap terhadap perkembangan akhlak peserta didik. Akhlak juga digunakan sebagai tolok ukur keimanan pada seseorang, Pada anak usia Sekolah Dasar merupakan masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak pada anak. sehingga dapat meminimalisir penyimpangan yang akan dilakukan oleh anak. Sehingga perlu adanya suatu upaya terhadap pembiasaan untuk meningkatkan akhlak belajar siswa baik di dalam kelas maupun diluar kelas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode pembiasaan sholat dhuha terhadap peningkatan akhlak belajar peserta didikdi SD Negeri 1 Cipinang Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu merupakan suatu metode analisis statistik yang bertujuan untuk memberikan deskripsi atau gambaran mengenai subjek penelitian berdasarkan data variable yang di peroleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembiasaan shalat dhuha di SDN 01 Cipinang didapat nilai persentase sebesar 77,74% yang berarti termasuk kategori baik. Akhlak belajar peserta didik di SDN 01 Cipinang, didapat nilai persentase sebesar 78,06% yang berarti termasuk kategori baik. Hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembiasaan shalat dhuha terjadap peningkatan akhlak belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai koefisien thitung 3,217 > ttabel, 1,701, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembiasaan shalat dhuha terhadap akhlak belajar peserta didik di SDN 01 Cipinang. Kesimpulannya metode pembiasaan shalat dhuha berhasil meningkatkan akhlak belajar peserta didik di SD Negeri 01 Cipinang dengan menunjuka bahwa hasil penelitian metode pembiasaan shaalat dhuha termasuk kategori baik dengan interval berada pada 60,00% - 79,99%, begitu pula dengan akhlak belajar peserta didik menunjukan kategori baik berada pada interval 60,00% - 79,99%. OPAH MUSAROPAH NIM. 2018121102536: “INFLUENCE OF THE DHUHA PRAYER HAPPY METHOD ON IMPROVING STUDENTS' LEARNING ATTITUDE IN CIPINANG STATE ELEMENTARY SCHOOL, BEBER DISTRICT, CIREBON REGENCY” The Islamic religion of morality has a special position. This is based on the rule that the Prophet Muhammad placed moral perfection as the most important content in Islam. As time goes on and technology is increasingly developing, students' morals are easily influenced by technological developments which have a negative impact on students, namely one of them is addicted to gadgets, so in the present era it is necessary to have habituation that has a positive effect on the moral development of students. Morals are also used as a measure of one's faith. Elementary school-age children are the most appropriate time to instill morals in children. so that it can minimize deviations that will be carried out by children. So it is necessary to have an effort towards habituation to improve student learning morals both inside the classroom and outside the learning class. This study aims to determine the effect of the Dhuha prayer habituation method on improving the learning morals of students at SD Negeri 1 Cipinang, Beber District, Cirebon Regency. This study uses quantitative research using descriptive analysis method, which is a statistical analysis method that aims to provide a description or description of the research subject based on the variable data obtained. The results showed that the Dhuha prayer habituation method at SDN 01 Cipinang obtained a percentage value of 77.74%, which means it is in the good category. The learning morals of students at SDN 01 Cipinang, obtained a percentage value of 78.06%, which means it is in the good category. The results of the hypothesis test concluded that there was a significant effect of the method of habituating Duha prayer on improving students' learning morals as indicated by the coefficient value of tcount 3.217 > ttable, 1.701, then Ho was rejected and Ha was accepted which means that there is a significant influence between the method of habituation of Duha prayer on morals learn students at SDN 01 Cipinang. In conclusion, the method of habituating Duha prayer has succeeded in increasing the learning morals of students at SD Negeri 01 Cipinang by showing that the research results of the habituation of the Duha prayer habituation method are in the good category with intervals at 60.00% - 79.99%, as well as the study morals of students showing good category is in the interval 60.00% - 79.99%.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Pembiasaan, Dhuha, Akhlak Keywords: Habituation, Dhuha, Morals Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=17u6kcqODlZvdLURoMJkLxPwMJpWfF3kl
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2783


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya