PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Publikasi Unusia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Nakhma'ussolikhah,M.Pd.
dc.contributor.advisor Hj. Yeni Fitriyani, M.Pd
dc.contributor.author ANISA
dc.contributor.editor ANISA
dc.contributor.other Drs.SOMANTRI,M.Pd.I.
dc.contributor.other Ratna Purwati,M.Pd.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:53:18Z
dc.date.available 2022-05-11T12:53:18Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2015.3.3.1.00224
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2XKcHDG9rmMgDek68RCC66NjKDZkhXJFUVrBvdd6adGSaMb%2Bu3nOolAvhSU0RZkZBTNnC2%2FgiRv0gP4DOacQIZzGFc3Teb27GKrBqzcJR66sOqYOYeKm2GnzINuuuh5HMKxeajhOj1yLgk1%2FgLOWz8lNzPrd80urB4%3D
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Model Pembelajaran Word Square, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran IPA di SD Referensi :
dc.description.abstract ANISA. NIM: 2015.3.3.1.00224, “Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini membahas tentang keefektifan model pembelajarab word swuare dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Babussalam Karang Kendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti model pembelajaran word square. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh data tentang: motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran konvensional, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran word square dan (3) perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain intact group comparison (membagi dua sampel penelitian, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen) dengan sampel penelitian sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis t-test atau uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran konvensional adalah “cukup tinggi”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata rekapitulasi hasil angket tentang motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional hanya sebesar 49. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran word square adalah “tinggi”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata rekapitulasi hasil angket tentang motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran word square sebesar 72. Dengan demikian antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square terdapat perbedaan yang signifikan. Hal itu terbukti dari perhitungan t-hitung lebih besar dari t-tabel, yakni: 6,708 > 2,025. Dengan demikian, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan akhir dari analisis penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Kata Kunci: Model Pembelajaran Word Square, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran IPA di SD
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273598436_SKRIPSI ANISA PGMI.pdf 1.234Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273599552_COVER ANISA.docx 123.3Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya