PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI SYEKH MAGELUNG SAKTI KARANGKENDAL CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
Penulis:
|
ANISA
|
Abstrak:
|
ANISA. NIM: 2015.3.3.1.00224, “Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini membahas tentang keefektifan model pembelajarab word swuare dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Babussalam Karang Kendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti model pembelajaran word square. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh data tentang: motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran konvensional, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran word square dan (3) perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain intact group comparison (membagi dua sampel penelitian, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen) dengan sampel penelitian sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis t-test atau uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran konvensional adalah “cukup tinggi”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata rekapitulasi hasil angket tentang motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional hanya sebesar 49. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran word square adalah “tinggi”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata rekapitulasi hasil angket tentang motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran word square sebesar 72. Dengan demikian antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square terdapat perbedaan yang signifikan. Hal itu terbukti dari perhitungan t-hitung lebih besar dari t-tabel, yakni: 6,708 > 2,025. Dengan demikian, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan akhir dari analisis penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran word square. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Word Square, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran IPA di SD
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2XKcHDG9rmMgDek68RCC66NjKDZkhXJFUVrBvdd6adGSaMb%2Bu3nOolAvhSU0RZkZBTNnC2%2FgiRv0gP4DOacQIZzGFc3Teb27GKrBqzcJR66sOqYOYeKm2GnzINuuuh5HMKxeajhOj1yLgk1%2FgLOWz8lNzPrd80urB4%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap