EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Drs.SOMANTRI,M.Pd.I.
dc.contributor.advisor Ratna Purwati,M.Pd.
dc.contributor.author SITI AISAH
dc.contributor.editor SITI AISAH
dc.contributor.other Barnawi, M.S.I
dc.contributor.other Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:51:48Z
dc.date.available 2022-05-11T12:51:48Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-07-01
dc.identifier 2015.3.3.1.00233
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR56qPcsj4ahzU6kj2ziaZr80DwN06ChIdGQ0LFWngLy0F%2Bjq7etFUIhReeEwBK9WeKZypYtjr8GN72g%2BMFVk%2B2oSqeNjkKov55n01TO8cK%2BUO4RE2NmCAXE7iwjnbH8805ADe556lUq%2F1ia5tn0cY1QiHi1rCKRGtY%3D
dc.description Kata Kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar Referensi :
dc.description.abstract Skripsi ini membahas efektifitas model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 1 Gombang tahun ajaran 2018/2019. Kajian nya dilatar belakangi metode pembelajaran matematika yang digunakan selama ini kurang melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran, hasil belajar siswa kelas II dalam pembelajaran matematika masih rendah, kondisi pembelajaran matematika ditekankan pada aspek pengetahuan dan kurang mengacu pada keterlibatan siswa dalam proses belajar, lemahnya hasil pembelajaran matematika dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran talking stick serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 1 Gombang kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan skor ideal, uji homogenitas dan uji T-tes karena ditinjau dari eksplarasinya termasuk jenis penelitian komperatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 95 dan nilai terkecil 65. Dengan demikian rata-rata nya adalah 79.8 berdasarkan hasil perhitungan skor ideal termasuk dalam kategori tinggi dari 25 siswa. Sedankan pada kelas kontrol nilai yang tertinggi yaitu 80 dan nilai terkecil yaitu 55. Dengan nialai rata-rata 60 berdasarkan perhitungan skor ideal termasuk dalam kategori sedang dari 25 siswa. Selanjutnya dari hasil uji T-tes diperoleh bahwa t hitung sebesar 8.390 dan t tabel adalah 1.67. Jika dibandingkan ternyata t hitung > t tabel , maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang sgnifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking sticklebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran metematika kelas II di SDN 1 Gombang kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SDN 1 Gombang terutama dalam mendorong kepada siswa untuk meningkatkan hasil .
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Efektifitas, Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar
dc.title EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273508272_S ... PGMI 2015.3.3.1.00233.pdf 2.685Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273510390_cover_001.jpg 1.016Mb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya