EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GOMBANG KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
SITI AISAH
|
Abstrak:
|
Skripsi ini membahas efektifitas model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 1 Gombang tahun ajaran 2018/2019. Kajian nya dilatar belakangi metode pembelajaran matematika yang digunakan selama ini kurang melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran, hasil belajar siswa kelas II dalam pembelajaran matematika masih rendah, kondisi pembelajaran matematika ditekankan pada aspek pengetahuan dan kurang mengacu pada keterlibatan siswa dalam proses belajar, lemahnya hasil pembelajaran matematika dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran talking stick serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 1 Gombang kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan skor ideal, uji homogenitas dan uji T-tes karena ditinjau dari eksplarasinya termasuk jenis penelitian komperatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 95 dan nilai terkecil 65. Dengan demikian rata-rata nya adalah 79.8 berdasarkan hasil perhitungan skor ideal termasuk dalam kategori tinggi dari 25 siswa. Sedankan pada kelas kontrol nilai yang tertinggi yaitu 80 dan nilai terkecil yaitu 55. Dengan nialai rata-rata 60 berdasarkan perhitungan skor ideal termasuk dalam kategori sedang dari 25 siswa. Selanjutnya dari hasil uji T-tes diperoleh bahwa t hitung sebesar 8.390 dan t tabel adalah 1.67. Jika dibandingkan ternyata t hitung > t tabel , maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang sgnifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking sticklebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran metematika kelas II di SDN 1 Gombang kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SDN 1 Gombang terutama dalam mendorong kepada siswa untuk meningkatkan hasil . |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektifitas, Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR56qPcsj4ahzU6kj2ziaZr80DwN06ChIdGQ0LFWngLy0F%2Bjq7etFUIhReeEwBK9WeKZypYtjr8GN72g%2BMFVk%2B2oSqeNjkKov55n01TO8cK%2BUO4RE2NmCAXE7iwjnbH8805ADe556lUq%2F1ia5tn0cY1QiHi1rCKRGtY%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap