EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
Dr. H. Casta, M.Pd |
|
dc.contributor.advisor |
Ulfiyah, M.Pd.I |
|
dc.contributor.author |
SA'DIYAH |
|
dc.contributor.editor |
SA'DIYAH |
|
dc.contributor.other |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
dc.contributor.other |
Dr. Taufik Ridwan, M.Hum |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:56:43Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T12:56:43Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-05-27 |
|
dc.identifier |
2015.4.3.1.00416 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclZS8V06LWwbsja6raSJvNAcw41miJgRfRBwnSfBOzY8jUp3F2u4ilu1%2BdbnZUaUOIjGMy1MlCKpKpVknJWXP4%2F2OhIqPCK30x12t9Vu448zOohgSSAC5cKED7nrImjPsvAIaL0ZGcwk%2BHWgRGf4yylwOFihYPDS9c%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
Kata kunci: Model Pembelajaran, make a match,kerjasama
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK SA’DIYAH. NIM. 2015.4.3.1.00416 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON Skripsi ini membahas Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B Di RA Al Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya di latarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan di era modern, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran, Siswa tidak antusias dalam belajar, pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru, anak kurang berperan dalam mengikuti pembelajaran, interaksi sosial anak terbatas, anak belum bisa bekerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B Di RA Al Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penilitian populasi karena mengambil seluruh siswa kelompok B di RA Al-ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 18 responden. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data. Analisa deskriptif data diuraikan dari tabel tabulasi data sebelum (X1) dan sesudah (X2) diberi perlakuan sesuai penelitian. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis statistik dan pengujian hipotesis. Dari perhitungan statistik tersebut diperoleh hasil yaitu adanya perbedaan yang signifikan tingkat kemampuan bekerjasama anak sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil dari sebelum diberi perlakuan adalah 39,8 %.Sedangkan tingkat kemampuan bekerjasama anak kelompok B sesudah di beri perlakuan adalah sebesar 85% , ini berarti tingkat kemampuan bekerjasama sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terjadi peningkatan sebesar 45,2%. Dan dari nilai t yang didapatkan bahwa jika t_(hitung )>t_(tabel ) maka tolak H_0, yang artinya Terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama di kelompok B RA Al-Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon. |
|
dc.publisher |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
|
dc.subject |
Kata kunci: Model Pembelajaran, make a match,kerjasama |
|
dc.title |
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana