EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON
Penulis: SA'DIYAH
Abstrak: ABSTRAK SA’DIYAH. NIM. 2015.4.3.1.00416 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON Skripsi ini membahas Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B Di RA Al Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya di latarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan di era modern, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran, Siswa tidak antusias dalam belajar, pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru, anak kurang berperan dalam mengikuti pembelajaran, interaksi sosial anak terbatas, anak belum bisa bekerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B Di RA Al Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penilitian populasi karena mengambil seluruh siswa kelompok B di RA Al-ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 18 responden. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data. Analisa deskriptif data diuraikan dari tabel tabulasi data sebelum (X1) dan sesudah (X2) diberi perlakuan sesuai penelitian. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis statistik dan pengujian hipotesis. Dari perhitungan statistik tersebut diperoleh hasil yaitu adanya perbedaan yang signifikan tingkat kemampuan bekerjasama anak sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil dari sebelum diberi perlakuan adalah 39,8 %.Sedangkan tingkat kemampuan bekerjasama anak kelompok B sesudah di beri perlakuan adalah sebesar 85% , ini berarti tingkat kemampuan bekerjasama sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terjadi peningkatan sebesar 45,2%. Dan dari nilai t yang didapatkan bahwa jika t_(hitung )>t_(tabel ) maka tolak H_0, yang artinya Terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama di kelompok B RA Al-Ishlah Kedungbunder Gempol Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci: Model Pembelajaran, make a match,kerjasama Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclZS8V06LWwbsja6raSJvNAcw41miJgRfRBwnSfBOzY8jUp3F2u4ilu1%2BdbnZUaUOIjGMy1MlCKpKpVknJWXP4%2F2OhIqPCK30x12t9Vu448zOohgSSAC5cKED7nrImjPsvAIaL0ZGcwk%2BHWgRGf4yylwOFihYPDS9c%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273803807_Skripsi Sa'diyah PAUD fix.pdf 1.045Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273804810_COVER valid.pdf 140.2Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISHLAH KEDUNGBUNDER GEMPOL CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya