PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR

Publikasi Unusia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Drs.SOMANTRI,M.Pd.I.
dc.contributor.advisor Ratna Purwati,M.Pd.
dc.contributor.author MEGA WATI INDAH
dc.contributor.editor MEGA WATI INDAH
dc.contributor.other Dr. H. Casta, M.Pd
dc.contributor.other Ahmad Fadholi, Lc., M.HI
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:56:16Z
dc.date.available 2022-05-11T12:56:16Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2015.3.3.1.00237
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl2iP2qT7ooCo2CEJzV1MAUc0nqc4ehjM6EnZSkrmi4Kz6kMcr%2F5EMcBVL7a26jIfQGePxFmXlsYzOYwlbXBcOxFk5IS5jx3sorHTZqlfrbBk7hfRvf0FLOf5RmibHoDmZwS%2FLQ11hjgOhci7GnARoouKsbGurnbzY%3D
dc.description Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Minat Belajar dan Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK MEGA WATI INDAH, NIM: 2015.3.3.1.00237, berjudul ” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Srcamble terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur”. Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran yang ditemukan di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, khususnya pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV, yang berupa rendahnya minat belajar siswa. Masalah tersebut didekati dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur. Kedua, untuk mendeskripsikan data tentang minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur dan ketiga, untuk mendeskripsikan data tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble adalah model pembelajaran yang pelaksanaan pembelajarannya dengan mengacak atau membolak-balik huruf menjadi susunan kata yang tepat dan benar. Adapun tujuan diterapkannya model pembelajaran tersebut adalah untuk memudahkan pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran tematik terpadu tema 7 subtema 1 tentang aku dan cita-citaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan jenis penelitiannya merupakan penelitian kuantitatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur adalah “baik” (84%). Begitu pula dengan minat belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi” (89%). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh “kuat” terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur dengan nilai Koefisien Determinan (KD) sebesar 52% dan t-hitung sebesar 4,460. Sementara itu, uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 4,640 > 2,086. Uji hipotesis yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Sehingga kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur, Palimanan - Cirebon
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Minat Belajar dan Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273776820_P ... ELAH SIDANG BAB 1 SD 5.pdf 686.1Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273777365_COVER MEGA.docx 130.9Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya