PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR |
Penulis:
|
MEGA WATI INDAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK MEGA WATI INDAH, NIM: 2015.3.3.1.00237, berjudul ” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Srcamble terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur”. Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran yang ditemukan di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, khususnya pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV, yang berupa rendahnya minat belajar siswa. Masalah tersebut didekati dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur. Kedua, untuk mendeskripsikan data tentang minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur dan ketiga, untuk mendeskripsikan data tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble adalah model pembelajaran yang pelaksanaan pembelajarannya dengan mengacak atau membolak-balik huruf menjadi susunan kata yang tepat dan benar. Adapun tujuan diterapkannya model pembelajaran tersebut adalah untuk memudahkan pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran tematik terpadu tema 7 subtema 1 tentang aku dan cita-citaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan jenis penelitiannya merupakan penelitian kuantitatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur adalah “baik” (84%). Begitu pula dengan minat belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi” (89%). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh “kuat” terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur dengan nilai Koefisien Determinan (KD) sebesar 52% dan t-hitung sebesar 4,460. Sementara itu, uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 4,640 > 2,086. Uji hipotesis yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Sehingga kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 1 Palimanan Timur, Palimanan - Cirebon |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Minat Belajar dan Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl2iP2qT7ooCo2CEJzV1MAUc0nqc4ehjM6EnZSkrmi4Kz6kMcr%2F5EMcBVL7a26jIfQGePxFmXlsYzOYwlbXBcOxFk5IS5jx3sorHTZqlfrbBk7hfRvf0FLOf5RmibHoDmZwS%2FLQ11hjgOhci7GnARoouKsbGurnbzY%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap