Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor | Dr. Mumun Munawaroh, M.Si | |
dc.contributor.advisor | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
dc.contributor.author | Enok Masniah | |
dc.contributor.editor | Enok Masniah | |
dc.contributor.other | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
dc.contributor.other | Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A. | |
dc.contributor.other | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
dc.contributor.other | Dr. H. Oman Fathurohman, M.A. | |
dc.date.accessioned | 2022-05-11T12:50:36Z | |
dc.date.available | 2022-05-11T12:50:36Z | |
dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon | |
dc.date.issued | 2021-12-18 | |
dc.identifier | 2018.8.1.3.0039 | |
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1lxjdKijSynT2VEHmFJFXif02ukEUZyBt | |
dc.description | Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, PAUD Alam Matahari. Referensi : | |
dc.description.abstract | ABSTRAK Sekolah berbasis alam adalah sebuah model pendidikan yang memanfaatkan alam semesta sebagai media belajar. Konsep PAUD dengan pembelajaran Alam di Indonesia merupakan inovasi baru dibidang pendidikan. Tempat belajar anak yang disetting dengan nuansa alami sehingga anak mampu mencintai alam sekitar dan menghargai ciptaan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keseluruhan dari proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum PAUD. Instrumen penelitian didukung dengan pengumpulan data berdasarkan caranya yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta teriangulasi data. Adapun analisis data dilakukan dengan collecting, reducting, dan conclusion. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konsfirmabilitas dan depenabilitas. Manajemen kurikulum di PAUD Alam Matahari ambarawa meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan melakukan need assesmet, dan analisis instrumen, kemudian membuat penanggung jawab program, desain program, instrumen kepuasan dan ektivitas. Pengorganisasian manajemen kurikulum dilakukan meliputi penetapan dan pembagian job description para pengelola. Pelaksanaan manajemen kurikulum dilakukan melalui kegiata-kegiatan harian ataupun bulanan dan pengawasan dilakukan oleh ketua yayasan beserta sekolah PAUD Alam Matahari. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari telah berjalan sesuai dengan teori manajemen kurikulum PAUD berbasis alam. Hal ini dapat terlihat dari sudah tertata cukup baik dan sudah terlaksanannya ruang lingkup manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. | |
dc.publisher | Manajemen Pendidikan Islam (S2) | |
dc.subject | Manajemen, Kurikulum, PAUD Alam Matahari. | |
dc.title | MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ALAM DALAM MEMBINA KARAKTER ENTREPRENEURSHIP DI PAUD ALAM MATAHARI | |
dc.type | Thesis S2 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |