MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ALAM DALAM MEMBINA KARAKTER ENTREPRENEURSHIP DI PAUD ALAM MATAHARI

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ALAM DALAM MEMBINA KARAKTER ENTREPRENEURSHIP DI PAUD ALAM MATAHARI

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Mumun Munawaroh, M.Si
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author Enok Masniah
dc.contributor.editor Enok Masniah
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:50:36Z
dc.date.available 2022-05-11T12:50:36Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-12-18
dc.identifier 2018.8.1.3.0039
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1lxjdKijSynT2VEHmFJFXif02ukEUZyBt
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, PAUD Alam Matahari. Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Sekolah berbasis alam adalah sebuah model pendidikan yang memanfaatkan alam semesta sebagai media belajar. Konsep PAUD dengan pembelajaran Alam di Indonesia merupakan inovasi baru dibidang pendidikan. Tempat belajar anak yang disetting dengan nuansa alami sehingga anak mampu mencintai alam sekitar dan menghargai ciptaan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keseluruhan dari proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum PAUD. Instrumen penelitian didukung dengan pengumpulan data berdasarkan caranya yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta teriangulasi data. Adapun analisis data dilakukan dengan collecting, reducting, dan conclusion. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konsfirmabilitas dan depenabilitas. Manajemen kurikulum di PAUD Alam Matahari ambarawa meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan melakukan need assesmet, dan analisis instrumen, kemudian membuat penanggung jawab program, desain program, instrumen kepuasan dan ektivitas. Pengorganisasian manajemen kurikulum dilakukan meliputi penetapan dan pembagian job description para pengelola. Pelaksanaan manajemen kurikulum dilakukan melalui kegiata-kegiatan harian ataupun bulanan dan pengawasan dilakukan oleh ketua yayasan beserta sekolah PAUD Alam Matahari. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa proses manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari telah berjalan sesuai dengan teori manajemen kurikulum PAUD berbasis alam. Hal ini dapat terlihat dari sudah tertata cukup baik dan sudah terlaksanannya ruang lingkup manajemen kurikulum sekolah alam di PAUD Alam Matahari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Kurikulum, PAUD Alam Matahari.
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ALAM DALAM MEMBINA KARAKTER ENTREPRENEURSHIP DI PAUD ALAM MATAHARI
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya