Manajemen Transformasi Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Buntet Pesanntren Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Manajemen Transformasi Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Buntet Pesanntren Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Amirudin, M.M.
dc.contributor.advisor Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.author Ammar Firman Maulana
dc.contributor.editor Ammar Firman Maulana
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. H. Saefuddaulah Mehir, M.M.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:50:34Z
dc.date.available 2022-05-11T12:50:34Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-04-16
dc.identifier 2018.8.1.3.0065
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1rSm4-lws7DH5uCBBP84Kk7RC5oHHZIh6
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum Pendidikan, Pondok Pesantren Referensi :
dc.description.abstract Ammar Firman Maulana. NIM. 2018.8.1.3.0065 “Manajemen Transformasi Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon”. Pondok Buntet Pesantren kabupaten Cirebon adalah salah satu diantara pondok pesantren yang mengalami berbagai macam Transfromasi diberbagai aspek, termasuk yang berkaitan dengan kurikulum pendidikan. Pondok Buntet Pesantren mengalami gejala transformasi karena bertujuan menjadikan santri atau peserta didiknya mempunyai kepribadian muslim yang menguasai ilmu-ilmu agama dan mengamalkannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya, keluarga, masyarakat, agama dan negara. Tapi sekarang ini tujuan itu diperluas menjadi ulama intelektual (Ulama yang menguasai ilmu-ilmu pengetahuan umum) dan intelektual ulama (Sarjana dalam bidang ilmu pengetahuan umum yang juga mampu menguasai ilmu-ilmu agama). Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen transformasi kurikulum di pondok Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen penelitiannya dengan pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi serta triangulasi data. Manajemen Transformasi Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dimulai dengan dengan menentukan kegiatan yang mengacu pada aspek usaha untuk melaksanakan dan menyempurnakan kurikulum yang telah ada, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pada tahap pengorganisasian dilakukan oleh masing-masing Pondok Pesantren itu sendiri, YLPI Buntet Pesantren berperan mengorganisir seluruh pengasuh dan santri (pengurus) didalam kegiatan dimana asas-asas efektivitas dan efisiensi. Pada tahap pelaksanaan,nya adalah dengan memasukkan berbagai macam kurikulum untuk menjawab tantangan modernitas dan menjawab kebutuhan masyarakat. Dalam tahap pengawasaan dilakukan dengan beraneka ragam bentuk pengawasan yang disusun oleh masing-masing pondok dan diberikan keleluasaan dalam mengembangkan model pengawasannya.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Kurikulum Pendidikan, Pondok Pesantren
dc.title Manajemen Transformasi Kurikulum Pendidikan Pesantren di Pondok Buntet Pesanntren Kabupaten Cirebon
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya