IMPLEMENTASI STRATEGIS REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI STRATEGIS REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.advisor Dr. Abdul Karim, M. Pd. I
dc.contributor.author ARIEF IMANULLAH
dc.contributor.editor ARIEF IMANULLAH
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:50:13Z
dc.date.available 2022-05-11T12:50:13Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-04-16
dc.identifier 2020.8.1.5.0166
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1AvCIwamMFO36fzwUlSDeuGAxlQvlmIa-
dc.description Kata Kunci : Strategi rekrutmen peserta didik baru, program kelas unggulan, mutu madrasah Referensi :
dc.description.abstract Secara umum tujuan dalam penelitian implementasi manajemen strategis ini yaitu mendeskripsikan rekrutmen peserta didik baru dan program kelas unggulan sedangkan tujuan secara khusus yaitu menganalisis rekrutmen peserta didik baru dan program kelas unggulan. Implementasi manajemen strategis terdiri dari program, anggaran dan prosedur. Diskriminasi kelas membuat problem eksistensi pendidikan dalam kebebasan dan kemerdekaan belajar sehingga pilihan program tidak fleksibel berdasarkan aspirasi, minat dan bakat. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas data yang meliputi triangulasi dan membercheck. Selanjutnya Uji transferabilitas dan Uji dependabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian di MTsN 2 Kabupaten Cirebon untuk rekrutmen peserta didik baru di kelas reguler maupun kelas unggulan telah mencapai hasil yang maksimal sedangkan program kelas unggulan baik tahfidz, muhadasah bahasa Arab dan conversation bahasa Inggris, kompetensi sains madrasah, teknologi informatika komputer dan program robotik belum mencapai prestasi yang gemilang. Dalam implementasinya terdapat beberapa faktor hambatan baik secara internal maupun eksternal dan berdampak pada pemenuhan mutu madrasah yang belum optimal. Solusi dalam mengatasinya yaitu adanya psikotes pada saat pendaftaran peserta didik baru, asrama keagamaan dijadikan tempat merealisasikan program, terpenuhinya sarana dan prasarana digital dengan tetap mencerminkan karakter religius berbasis akhlakul karimah. Konsistensi dan komitmen pada fokus standar penjaminan mutu madrasah dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Strategi rekrutmen peserta didik baru, program kelas unggulan, mutu madrasah
dc.title IMPLEMENTASI STRATEGIS REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya