EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS PARENTING DI TK AWLIYA KIDS’ CENTER KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS PARENTING DI TK AWLIYA KIDS’ CENTER KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS PARENTING DI TK AWLIYA KIDS’ CENTER KOTA CIREBON
Penulis: NENI SUMARNI
Abstrak: Judul Tesis EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS PARENTING DI TK AWLIYA KIDS’ CENTER KOTA CIREBON Pendidikan Holistik berbasis Parenting pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak adalah suatu upaya pembinaan bagi peserta didik yang berusia mulai 0 sampai 6 tahun yang dilakukan melalui berbagai stimulasi pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan seluruh potensi anak yang mencakup potensi fisik, emosi, sosial, kretivitas, spritual dan intelektual secara menyeluruh sehingga menjadi manusia yang seutuhnya dan berkarakter unggul, dengan dukungan kerjasama kemitraan yang harmonis antara guru dan orang tua melalui kegiatan parenting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Contex 2) Input , 3) Process, 4) Product. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif Kualitatif, metode penelitian ini termasuk penelitian evaluasi, penelitian evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi program dari Daniel L Stufflebeam CIPP (Contex, Input, Process, Product). Waktu penelitian 10 bulan dari bulan Oktober 2018 sampai bulan agustus 2019, tempat penelitian TK Awliya Kids’ Center Kota Cirebon, tekhnik pengumpulan data Observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan trianggulasi data. Hasil penelitian 1) Contex, program diselenggarakan disesuaikan dengan latar belakang, visi, misi, dan tujuan lembaga, sumber biaya, informasi yang dikumpulkan dan digunakan sebagai dasar dalam pertimbangan program, tujuan program pendidikan holistik berbasis parenting secara jelas dan spesifik, menjelaskan jenis kegiatan program parenting yang dilaksanakan di TK Awliya Kids’ Center, 2) Input, karakteristik peserta, kualifikasi narasumber, memiliki latarbelakang pendidikan yang sudah sesuai dengan program, pendanaan berasal dari dana lembaga yang diambil dari dana awal tahun pelajaran siswa, sarana dan prasarana sudah disiapkan oleh lembaga. 3) Process, narasumber mampu menyampaikan dan menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami, partisipasi peserta cukup antusias terbukti dengan kehadirannya dalam semua jenis kegiatan program parenting Kelompok Pertemuan Orangtua (KPO) Parent’s Class, Keterlibatan orangtua di kelompok/kelas anak, Keterlibatan orangtua dalam kegiatan bersama, Hari Konsultasi Orangtua dan Kunjungan Rumah, 4) Product , program parenting di TK Awliya Kids’ Center dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, mampu membekali orangtua/wali murid dengan pengetahuan tentang pengasuhan,pendidikan anak, gizi, kesehatan, perawatan serta perlindungan terhadap anak, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal. Sehingga program pendidikan holistik berbasis parenting ini perlu untuk ditingkatkan lagi jenis program dan waktu pelaksanaannya karena sangat berdampak positif untuk para orangtua sebagai peserta dan untuk anak-anak. Kata Kunci: Evaluasi Program Pendidikan Holistik Berbasis Parenting, CIPP (Contex, Input, Process, Product)
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/875


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya