Manajemen Sekolah Alam di School Of Universe (SOU) Al Ghifari Kecamatan Kesambi Kota Cirebon

Publikasi Unusia

Manajemen Sekolah Alam di School Of Universe (SOU) Al Ghifari Kecamatan Kesambi Kota Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Manajemen Sekolah Alam di School Of Universe (SOU) Al Ghifari Kecamatan Kesambi Kota Cirebon
Penulis: ELI LAELASARI
Abstrak: ABSTRAK Eli Laelasari. 20178120036. Manajemen Sekolah alam di School Of Universe Al Ghifari Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persoalan yang melingkupi manajemen berbasis sekolah di SOU Al Ghifari, terutama dalam kegiatan pembelajaran yang cenderung monoton sehingga membuat anak menjadi jenuh. Hal ini terkait dengan kinerja kolektif yang menerapkan manajemen berbasis sekolah alam yang meliputi pemberdayaan kepala sekolah, siswa, tenaga kependidikan, dan komite. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan manajemen sekolah alam, yang diterapkan di SOU Al Ghifari Kecamatan Kesambi. Pendidikan adalah usaha yang terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya, serta memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahklak mulia dan budi pekerti luhur. Model desentra adalah model penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang berfokus pada anak. Di mana dalam prosesnya menggunakan 4 pijakan guna menstimulus perkembangan anak. Anak belajar melalui bermain dengan benda-benda dan orang-orang di sekitar lingkungan anak. Manajemen berbasis sekolah alam merupakan konsep manajemen yang memberikan otonomi lebih besar pada sekolah serta mendorong pengambilan keputusan partisipasif yang melibatkan seluruh warga sekolah. Manajemen berbasis sekolah alam digunakan untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan nasional. Untuk itulah perlunya di SOU Al Ghifari menerapkan manajemen sekolah alam agar sekolah leluasa mengelola sumber daya manusia sesuai prioritas kebutuhan agar sekolah lebih tanggap terhadap kebutuhan di lingkungan sekitar, sehingga masyarakat juga dapat turut serta dan ikut memahami pendidikan, membantu serta mengontrol pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Peneliti menggali informasi data yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Hal ini mengingat, bahwa dalam ilmu sosial dikenal sebuah paradigma konstruktivis, yaitu paradigma yang memandang anak TK sebagai analisis sistematis melalui pengamatan langsung terhadap perilaku dalam setting keseharian yang alamiah. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan manajemen di SOU Al Ghifari berjalan sesuai dengan program yang telah disusun pada awal tahun pelajaran. Perencanaan yang dibuat dilaksanakan sesuai dengan arahan yang telah ditentukan. Pengorganisasian sesuai dengan pekerjaannya masing-masing untuk dikerjakan dengan tanggung jawab. Pelaksanaan manajemen di SOU Al Ghifari berjalan sesuai yang direncanakan. Pengawasan dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap kinerja para guru dalam manajemen pendidikan di SOU Al Ghifari. Kata Kunci : Manajemen Sekolah Alam, Belajar Sambil Bermain, Taman Kanak-kanak
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen Sekolah Alam, Belajar Sambil Bermain, Taman Kanak-kanak Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ioD8Ay-zYQ9LYcu3BjKiUdU9rVE2Uy4z
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/873
Tanggal: 2020-05-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya