Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 4 Cirebon

Publikasi Unusia

Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 4 Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 4 Cirebon
Penulis: MUNHIDOH
Abstrak: Brand image adalah sekumpulan asumsi yang ada di benak konsumen terhadap suatu merek yang terbentuk dari berbagai sumber. Image yang baik dari suatu organisasi merupakan aset, karena image mempunyai dampak pada persepsi stakholders dari komunikasi dan operasi organisasi dalam berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) perencanaan strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 4 Cirebon. (2) pelaksanaan strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 4 Cirebon. (3) evaluasi strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 4 Cirebon. (4) dampak pembentukan strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 4 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode serta berdiskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa : (1) Perencanaan dalam pembentukan brand image sekolah, meliputi : a) akreditasi kelembagaan, b) ISO, c) tingkah laku siswa, d) prestasi, e) kualitas lulusan, f) kegiatan unggulan sekolah, dan g) hubungan alumni. (2) Pelaksanaan strategi meliputi : a) akreditasi kelembagaan b) ISO c) tingkah laku siswa: menggarap program unggul keagamaan, menanamkan nilai-nilai pesantren, d) prestasi, meningkatkan kualitas guru, e) kualitas lulusan: f) kegiatan unggulan sekolah g) hubungan alumni (3) evaluasi kegiatan analisis SWOT, (4) dampak pembentukan yaitu : a) kualitas pelayanan guru dan karyawan menjadi lebih baik; b) minat masuk masyarakat meningkat; c) siswa memiliki akhlak yang baik; d) kepercayaan masyarakat yang tinggi; e) tawaran beasiswa dalam maupun luar negeri; f) banyak lembaga pendidikan melakukan studi banding.
Deskripsi: Kata Kunci : Brand Image, Daya Saing Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1QpL0BVGo7mbBK6M6xLsvjGQpoEhpZ2-K
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/872


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya