MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI PEMBINA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI PEMBINA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI PEMBINA KABUPATEN CIREBON
Penulis: SRI MULYANTI
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis yang nyata dan menghawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga yaitu anak-anak. Globalisasi telah mempengaruhi karakter anak-anak bangsa Indonesia. Kasus bullying terjadi di kalangan murid Taman Kanak-kanak (TK), kecanduan gadget juga sudah merambah pada kehidupan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kabupaten Cirebon baik dari sisi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam proses pembelajaran anak usia dini, tidak bisa terlepas dari manajemen penyelenggaraan pendidikan yang baik, terutama dalam penyelengaraan manajemen pendidikan karakter seperti yang dilakukan oleh Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kabupaten Cirebon. Sudah seharusnya setiap satuan pendidikan menerapkan nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran baik di luar kelas maupun di dalam kelas. Kegiatan pembiasaan, kegiatan keteladanan dan kegiatan spontan yang dilakukan dalam pembelajaran didalamnya terkandung nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter harus senantiasa tertanam dalam kegiatan anak anak usia dini di saat bermain sambil belajar di sekolah agar terbawa dalam kehidupan sehari-harinya di rumah. Tesis ini membahas tentang manajemen pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kabupaten Cirebon, penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 10 bulan di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan yang dibuat oleh pihak sekolah mengacu pada prosedur yang ada, kepala sekolah sudah melibatkan pihak-pihak terkait dalam penyusunan kurikulum yang di dalamnya terkandung nilai-nilai karakter. (2) Pengorganisasian pendidikan karakter di Taman kanak-kanak (TK) Negeri Pembina dilakukan sesuai dengan prosedur, terlihat dari adanya struktur organisasi dan tupoksi dari setiap personil. (3) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kabupaten Cirebon terlaksana dengan mengacu pada rencana yang telah dibuat dan terimplementasikan dalam kegiatan pembiasaan, kegiatan teladan dan kegiatan spontan. (4) Pengawasan pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-gurunya dan guru-guru terhadap peserta didiknya, dengan mengacu pada prosedur yang ada.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, pendidikan karakter, anak usia dini Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1JpjxoWa3Cp__NHQ8sReCfoi61f0FBZQP
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/871
Tanggal: 2020-05-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya