MANAJEMEN PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN PEMBELAJARAN MASYARAKAT (PKBM) IZZATUL ISLAM KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN PEMBELAJARAN MASYARAKAT (PKBM) IZZATUL ISLAM KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN PEMBELAJARAN MASYARAKAT (PKBM) IZZATUL ISLAM KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON
Penulis: AGUS SUTRISNO
Abstrak: AGUS SUTRISNO (2017.8.1.2.0004): Manajemen Program Paket C Di Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat (PKBM) Izzatul Islam Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon Usaha untuk peningkatan mutu SDM melalui jalur pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah) dapat ditempuh lewat pendidikan kesetaraan yang meliputi Kejar Paket A, Kejar Paket B, dan Kejar Paket C. Kejar Paket atau Kelompok Belajar adalah pendidikan masyarakat formal yang difasilitasi oleh pemerintah untuk siswa yang belajarnya tidak melalui jalur sekolah. Program ini ditujukan bagi warga belajar yang berasal dari masyarakat yang kurang beruntung, tidak sekolah, putus sekolah dan putus lanjutan, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup, dan warga masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan belajarnya sebagai dampak dari perubahan peningkatan taraf hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi. Program paket C diadakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut karena tidak semua lulusan SMP dapat melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1). Pelaksanaan Pembelajaran Paket C, 2). Faktor pendukung dan pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran paket C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu Ketua PKBM, tutor dan warga belajar paket C di PKBM Izzatul Islam. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1). Pelaksanaan pembelajaran paket C yang meliputi persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran. 2). Dalam pelaksanaan pembelajaran paket C terdapat faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran paket C. Faktor pendukungnya adalah tersedianya fasilitas pembelajaran seperti ruang kelas, lingkungan yang kondusif untuk belajar serta tutor yang berpengalaman dalam mengajar, mudah diserap oleh warga belajar saat menyampaikan materi. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah ada warga belajar yang tidak mau mengikuti pembelajaran, masih sulitnya menumbuhkan rasa kesadaran pada anak didik tentang pentingnya pendidikan, keseriusan warga belajar dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan Warga belajar ada yang ingin mendapatkan ijazah tanpa mengikuti proses pembelajaran.
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/867


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya