UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK BANJAR MELATI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI SUPERVISI TEKNIK BIMBINGAN BERKELANJUTAN

Publikasi Unusia

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK BANJAR MELATI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI SUPERVISI TEKNIK BIMBINGAN BERKELANJUTAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK BANJAR MELATI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI SUPERVISI TEKNIK BIMBINGAN BERKELANJUTAN
Penulis: EUIS SETIAWATI
Abstrak: Euis Setiawati. NIM: 2017.8.1.2.0069. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Taman Kanak-kanakDalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Supervisi Teknik Bimbingan Berkelanjutan. Profesionalitas seorang guru dituntut untuk kemajuan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, seorang guru yang profesional harus mampu merencanakan, dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. Dari hasil supervisi peneliti/pengawas di Taman Kanak-kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon masih banyak guru yang kurang memahami pembuatan perencanaan pembelajaran dengan baik. Penelitian yang menggunakan metode penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi dengan teknik bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru terhadap guru Taman Kanak-kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon dalam menyusun rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Penelitian tindakan ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Sebagai subyek penelitian tindakan ini adalah guru Taman Kanak-kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon sebanyak 7 (tujuh ) orang. Adapun teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi dalam bentuk bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian pada Taman Kanak-Kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon pada tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dikarenakan pemahaman guru meningkat. Peningkatan pemahaman guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian disebabkan adanya pemberian tindakan supervisi dalam bentuk bimbingan berkelanjutan kepada guru Taman Kanak-Kanak Banjar Melati Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon pada tahun pelajaran 2019/2020
Deskripsi: Kata Kunci : Supervisi, Bimbingan berkelanjutan,Kompetensi pedagogis. Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/866
Tanggal: 2020-05-14


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya