STRATEGI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ANALISIS SWOT DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2019/2020

Publikasi Unusia

STRATEGI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ANALISIS SWOT DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2019/2020

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author SUTIMAH
dc.contributor.editor SUTIMAH
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:23Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:23Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2020-05-14
dc.identifier 2017.8.1.2.0086
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/861
dc.description Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi, Pendidikan Karakter Referensi :
dc.description.abstract Sutimah. NIM. 2017.8.1.2.0086. Strategi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Analisis SWOT di Taman Kanak-Kanak Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun 2019/2020. Karakter bangsa merupakan aspek penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter bangsa sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya (SDM). Oleh karena itu, karakter yang berkualitas perlu dibina sejak usia dini agar anak terbiasa berperilaku positif. Kegagalan penanaman kepribadian yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya kelak. Penanaman karakter di usia prasekolah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar, akan tetapi juga dengan pembiasaan dalam kehidupan yang mencakup: religiusitas, kejujuran, kedisiplinan, toleransi, tanggung-jawab. Untuk merumuskan strategi lembaga atau satuan pendidikan dalam melaksanakan program pendidikan karakter harus mengetahui lingkungan internal dan eksternalnya. Analisis SWOT bisa dijadikan rujukan dalam menyusun strategi penguatan pendidikan karakter yang efektif. Penelitian yang menggunakan metode studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan strategi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon berbasis analisis SWOT. Lokasi penelitian adalah Kanak-kanak Negeri Lemahabang kabupaten Cirebon. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan di lapangan, yaitu melalui wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru dan orang tua murid, sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi yang dimiliki oleh Kanak-kanak Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter berbasis analisis SWOT menghasilkan strategi penguatan pendidikan karakter yang berada pada kuadran SO (Strength-Opportunity) atau strategi Agresif/Ofensif yang berarti memanfaatkan kekuatan untuk menutup kelemahan dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya untuk melaksanakan program penguatan pendidikan karakter di TK Negeri Lemahabang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Strategi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak Negeri Lemahabang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, program penguatan pendidikan karakter disusun dalam diuraikan ke dalam prota, promes, RPPM, RPPH. Pada tahap pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter, Taman Kanak-kanak Negeri Lemahabang melakukan kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan terdiri dari kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan pengkondisian atau budaya lembaga. Pada tahap evaluasi atau penilaiannya, pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon dilakukan melalui penilaian harian yang diambil dari hasil pengamatan guru terhadap anak, penugasan (pemberian tugas), unjuk kerja, anekdote, percakapan, dan portofolio
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Analisis SWOT, Strategi, Pendidikan Karakter
dc.title STRATEGI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ANALISIS SWOT DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2019/2020
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya