Evaluasi Program Sistem Krefit Semester di SMPIT NURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

Evaluasi Program Sistem Krefit Semester di SMPIT NURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Evaluasi Program Sistem Krefit Semester di SMPIT NURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON
Penulis: DIAS FAKHNURITASARI
Abstrak: ABSTRAK EVALUASI PROGRAM SISTEM KRDEIT SEMESTER DI SMP IT NURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON Dias Fakhnuritasari (2017.8.1.2.0010): Pola penyelengaraan pendidikan saat ini menggunakan pola pembelajaran sistem paket (konvensional). Pada pola ini, dalam menyelesaikan program belajarsemua peserta didik disamaratakan dan tidak mengakomodasi keragaman kemampuan peserta didik. Program belajar bagi peserta didik yang berbakat tidak ada kata “one size fits all” karena akan menghambat perkembangan bagi anak berbakat. Hal ini dianggap kurang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat dari peserta didik. Peserta didik yang memiliki tingkat intelektual dan keterampilan yang lebih akan terhambat untuk menyelesaikan program studinya. Sehingga untuk mewujudkan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan cerdas istimewa dan bakat istimewa maka diadakan program sistem kredit semester disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan program sks yang meliputi: a) Komponen contex program SKS: latar belakang penyelenggaraan program yang yang sudah mengacu pada K13. Tujuan program yang akan dicapai belum didukung oleh sumber daya alam yang memadai, sehingga tujuan belum cukup efektif b) input: identifikasi siswa, criteria guru, kurikulum ;embiayaan dan sarana prasarana. Identifikasi siswa dan pembiayaan program sudah dilaksanakan dengan baik. Untuk tenaga pendidik (guru) masih ada yang belum memenuhi kualifikasi dan criteria guru yang mengajar dikelas SKS, kurikulum program sudah sesuai dengan buku pedoman program SKS, sarana prasaranapun belum menunjang kegiatan program SKS c) procces: kegiatan pembelajaran, peran guru dan supervise dilaksanakan dengan cukup baik. Sedangkan kegiatan evaluasi belum dilaksanakan dengan sistematis, Pengawasan program akselerasi dilakukan oleh Yayasan Nurusshiddiiq, Dinas Pendidikan provinsi,dan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Selain itu komite dan orang tua murid juga memegang peranan penting dalam pengawasan program SKS, hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan kesalahan yang terjadi pada pelaksanaan program ini dan hasil dari program SKS ini sudah cukup efektif. d) product: hasil UN dan serapan masuk SMA yang diinginkan sudah sesuai dengan target. SKS di SMP IT Nuurusshiddiiq kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian evaluasi program. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Bendahara, Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tringulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif dengan melibatkan tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diolah dan disajikan secara kualitatif deskriptif. Kata kunci: Evaluasi Program, Sistem Kredit Semester ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ABSTRACT PROGRAM EVALUATION OF KREDIT SEMESTER IN SMP IT NURUSSHIDDIIQ CIREBON CITY Dias Fakhnuritasari (2017.8.1.2.0010): The current pattern of educational training uses the learning pattern of package (conventional) systems. In this pattern, in completing the learner program all the learners are equated and do not accommodate the diversity of learners ' ability. A learning Program for talented learners has no word for "one size fits all" because it inhibits the development of talented children. It is considered to be less in accordance with the abilities, talents and interests of the learners. Learners who have more intellectual and skill levels are hampered to complete their course. So to realize the potential of learners who have a special intelligent ability and special talent then held a semester credit system program in the school. The purpose of this research is to know the implementation of the SKS program which includes: a) component of Contex SKS: The background of the program that has been referred to K13. The objectives of the program to be achieved has not been supported by adequate natural resources, so the objective has not been effective enough B) input: Student identification, teacher criteria, curriculum; education and infrastructure. Student identification and program financing is well implemented. For educators (teachers) who have not yet qualified and criteria teachers who teach in the SKS, the program curriculum is in accordance with the SKS program manual, the infrastructure is not yet support the activity of SKS C program) Procces: Learning activities, the role of teachers and supervision executed quite well. While the evaluation activity has not been conducted systematically, the supervision of acceleration program is conducted by Yayasan Nurusshiddiiq, provincial Education Office, and the Education office of Cirebon. In addition, the Committee and parents also play an important role in the supervision of the SKS program, this is done to minimize the possibility of mistakes that occurred in the implementation of this program and the results of the SKS program is already quite effective. d) Product: The UN result and the desired high school uptake is already in accordance with the target. SKS at IT Nuurusshiddiiq SMP City Cirebon. This research is a field study with a qualitative approach. This type of research uses program evaluation research. The subject of this study is the principal, deputy head of curriculum, deputy chief of Student affairs, treasurer, teacher, student and parents. Data collection methods with interviews, observations, documentation and tringulation. The data analysis used is interactive data analysis involving three analytical components, namely: data reduction, data presentation, and conclusion withdrawal. Data is processed and presented qualitatively descriptive. Keywords: Program evaluation, Semester credit System.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci: Evaluasi Program, Sistem Kredit Semester Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/858


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya