PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SEKECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SEKECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SEKECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON
Penulis: EVI KANIA DEWI
Abstrak: EVIKANIADEWI:(2017.8.1.2.0011):PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SE-KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON Kepala Sekolah sebagai supervisor menjadi titik tolak meningkatnya kinerja guru dengan melihat fungsi dari supervise yaitu: (1) meningkatkan mutu pembelajaran; (2) memicu unsur yang terkait dengan pembelajaran ;serta (3) membina dan memimpin, sehingga pemberian supervisi yang efektif dan efisien akan berpengaruh pada kinerja guru yang maksimal.Guru harus mendapat pembinaan dan fasilitas di dalam bekerja agar kebutuhan guru terpenuhi. Jika kebutuhan guru terpenuhi maka guru akan merasa puas didalam bekerja. Kepuasan kerja akan berpengaruh terhadap produktivitas dan kinerja guru,dan baik secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk a)Mendeskripsikan Korelasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. b) Mendeskripsikan Korelasi Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru c) Mendeskripsikan Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru ,d) Mendeskripsikan Pengaruh Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru e) Mendeskripsikan pengaruh simultan Supervisi Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Produktivitas Kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survey, dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan skala pengukuran Likert. Teknis analisis data dengan menggunakan SPSS versi 17 untuk melakukanan alisis statistic Deskriptif, uji asumsi klasik untuk uj iregresi dan path analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Supervisi Kepala Sekolah sangat baik (85,28%), Kepuasan Kerja Guru sangat baik (85,29%), kinerja guru sangat baik (85,14%).Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru (r=0,538) dan Secara parsial terdapat pengaruh yang positive dan signifikan dari Gambaran variable Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 0,819 (81,9%) sisanya 18,1% dipengaruhi oleh variable lain. Dan dari Secara parsial terdapa tpengaruh yang positive dan signifikan dari Gambaran variable Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru sebesar 0,649 (64,9%) sisanya 35,1% dipengaruhi oleh variablel lain. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Supervisi Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru sebesar 0,962 (96,2%) sisanya 3,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisis Jalur diperoleh fakta-fakta: 1).Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru (pengaruh langsung = 44,1% pengaruh tidak langsung = 16% dan pengaruh total = 60,1%) 2). Pengaruh Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru (pengaruhlangsung = 20,1% pengaruh tidak langsung = 16% dan pengaruh total = 36,1% ) 3). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru secara simultan terhadap Kinerja Guru sebesar 96,2% yang jika dikonversikan dengan table Korelasi PPM, dapat dinyatakan kuat
Deskripsi: Kata Kunci : supervisi kepala sekolah, kepuasan kerja guru dan kinerja guru Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/856


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya