MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMP IT ISHLAHUL MUTAALIMIN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON)

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMP IT ISHLAHUL MUTAALIMIN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMP IT ISHLAHUL MUTAALIMIN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON)
Penulis: WASNIYATI
Abstrak: Wasniyati : Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMP IT Ishlahul Mutaalimin Arjawinangun Kabupaten Cirebon) NIM : 2017.8.1.2.0091 Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan, Mutu Pendidikan. Dalam penyelenggaraan pendidikan, pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan kualitas sumber daya manusia dan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam manajemen administrasi pendidikan. Karena biaya merupakan hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi diperlukan pengelolaan pembiayaan yang efektif dan efisien, agar menghasilkan lulusan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: Setelah melihat rumusan masalah di atas peneliti akan menjelaskan tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen pembiayaan tahap perencanaan keuangan (budgeting), tahap pelaksanaan (accounting), dan tahap penilaian (auditing) di SMP IT Ishlahul Mutaalimin Arjawinangun Kabupaten Cirebon.(2) Untuk mengetahui bagaimana implikasi pembiayaan dalam meningkatkan mutu.(3) Untuk mengetahui bagaimana Upaya penggalian dana tambahan (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftif analitis. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabasahan data menggunakan Kredibilitas, Transferbility, Dependebilitas, dan Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Pembiayaan di SMP IT Islahul Mutaalimin Arjawinangun Kabupaten Cirebon meliputi proses penganggaran (budgeting), pelaksanaan (accounting), evaluasi (monitoring evaluating-reporting).(2) Manajemen pembiayaan memiliki implikasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP IT Islahul Mutaalimin Arjawinangun Kabupaten Cirebon dalam hal Input, Proses, output dan Outcame (3) Berdasarkan hasil temuan secara empirik dapat disimpulkan bahwa, pada dasarnya sumber dana anggaran pendidikan di Indonesia diperoleh dari APBN, APBD, serta masyarakat. Secara umum, sumber dana SMP IT Islahul Mutaalimin Arjawinangun Cirebon terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sumber dana dari pemerintah dan sumber dana non-pemerintah yang dimanfaatkan untuk kemajuan suatu sekolah (4 Ada beberapa factor yang menjadi pendukung dan penghambat peningkatan mutu pendidikan dalam hal yakni internal,eksternal serta solusiya Upaya peningkatan mutu pendidikan Diantaranya adalah pengembangan pengembangan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, perpustakaan, laboratorium, kelembagaan, dan sarana prasarana; peningkatan layanan baik di Sekolah dengan menggunakan strategi perpaduan penguatan antara nilai-nilai Sekolah dan penyelarasan mutu pendidikan dengan Standar Mutu Sekolah dan Standar Mutu
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/848


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya