MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN MADABINTAL (MASA DASAR BIMBINGAN MENTAL) DI SMK NAHDLATUL ULAMA KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN MADABINTAL (MASA DASAR BIMBINGAN MENTAL) DI SMK NAHDLATUL ULAMA KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author Nunung Nurjanah Jayastri
dc.contributor.editor Nunung Nurjanah Jayastri
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:12Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:12Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-08-12
dc.identifier 2018.8.1.3.0001
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1W5t4F8aO1Ng54eEpRquaHbQfACgG3XR2
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/841
dc.description Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pembinaan Mental Referensi :
dc.description.abstract Karakter seseorang dibentuk sebagai sebuah proses panjang yang berlangsung secara intens. Pembinaan mental dalam pengembangan karakter itu sendiri perlu dilaksanakan oleh SMK Nahdlatul Ulama (NU) Kota Cirebon yang menerapkan pembinaan mental terhadap calon peserta didiknya, dengan tujuan agar peserta didik mempunyai karakter yang baik diantaranya bersikap jujur, mempunyai disiplin yang tinggi dan tanggung jawab dalam melakukan segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program kegiatan MADABINTAL di SMK NU Kota Cirebon. Model evaluasi yang penulis gunakan dalam kegiatan ini adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta kuesioner. Selanjutnya data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan uji keabsahan data yang meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depenabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian evaluasi ini adalah : 1) Dari komponen context sudah cukup efektif yang menunjukan adanya tujuan dan landasan program yang jelas, dilanjutkan dengan sosialisasi serta terdapatnya Rencana Anggaran Biaya selama kegiatan berlangsung. 2) Dari komponen input sudah cukup efektif yang menunjukan bahwa adanya struktur kepanitiaan dan tugas dari setiap unsur yang terlibat dalam struktur kepanitiaan, serta tersedianya Sumber Daya Manusia (narasumber untuk materi ruangan dan kegiatan dilapangan. 3)Dari komponen process sudah cukup efektif yang menunjukan bahwa seluruh rangkaian kegiatan sudah terlaksanan sesuai dengan jadwal yang telah disusun. 4) Dari komponen product sudah cukup efektif, dibuktikan dengan tercapainya tujuan kegiatan serta adanya dampak bagi peserta, yaitu terbentuknya nilai karakter kejujuran, disiplin dan tanggungjawab kemudian adanya RTL (Rencana Tindak Lanjut). Adapun prosentasi nilai karakter yang terbentuk adalah kejujuran 93 %, disiplin 99% dan tanggungjawab 90%, sehingga nilai dari ketiga karakter tersebut mencapai kategori baik. Berdasarkan uraian hasil penelitian diatas mengenai evaluasi kegiatan MADABINTAL di SMK NU Kota Cirebon yang ditinjau dari segi CIPP (Contex, Input, Proses, dan Product) sudah cukup efektif, maka kegiatan ini harus tetap dilaksanakan disetiap tahunnya, guna tercapainya tujuan serta terbentuknya karakter peserta didik yang lebih baik dan berharap bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk dilaksanakannya kegiatan tersebut, karena di Kota Cirebon baru SMK NU saja yang mempunyai program kegiatan MADABINTAL dalam rangka pembentukan karakter peserta didik. Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pembinaan Mental
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pembinaan Mental
dc.title MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN MADABINTAL (MASA DASAR BIMBINGAN MENTAL) DI SMK NAHDLATUL ULAMA KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya