PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KEC. PABEDILAN KAB. CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KEC. PABEDILAN KAB. CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Endang Saputra, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author LIYA HERLIYANAWATI
dc.contributor.editor LIYA HERLIYANAWATI
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:11Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:11Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2017.8.1.2.0015
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/840
dc.description Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru Referensi :
dc.description.abstract Kinerja sangat penting dalam menentukan kualitas kerja seseorang, termasuk seorang guru. Kinerja guru tidak akan mencapai hasil maksimal tanpa adanya faktor yang mempengaruhi. Sedikitnya terdapat sepuluh faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kesepuluh faktor tersebut adalah dorongan untuk bekerja, tanggung jawab terhadap tugas, minat terhadap tugas, penghargaan atas tugas, peluang untuk berkembang, perhatian dari kepala sekolah, hubungan interpersonal dengan sesama guru, MGMP dan KKG, kelompok diskusi terbimbing, dan layanan perpustakaan. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor dorongan untuk bekerja, minat terhadap tugas, perhatian dari kepala sekolah, dan kelompok diskusi terbimbing yang berkaitan dengan motivasi kerja guru dan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Pabedilan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionnate stratified. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin dengan taraf kesalahan 10%, diperoleh sampel sebanyak 65 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersamasama (Uji F). Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kabupaten Cirebon; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD SD Negeri di Kecamatan Kabupaten Cirebon; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD SD Negeri di Kecamatan Kabupaten Cirebon; (4) Besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 24%; (5) Besarnya sumbangan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 41%; (6) Besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 65%.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Supervisi Akademik, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru
dc.title PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KEC. PABEDILAN KAB. CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya