MANAJEMEN SISTEM KARANTINA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN (Studi Kasus Di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional Kuningan Jawa Barat)

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SISTEM KARANTINA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN (Studi Kasus Di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional Kuningan Jawa Barat)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN SISTEM KARANTINA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN (Studi Kasus Di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional Kuningan Jawa Barat)
Penulis: MA'MUN
Abstrak: Ma’mun. 2019. Manajemen sistem karantina pembelajaran dan menghafalkan al-Qur’an, Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Pembimbing (1) Dr. H. Wawan Sonjaya, M.Pd. (2) Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, pembelajaran dan menghafalkan al-Qur’an. Banyaknya penghafal al-Qur'an yang mengalami akselerasi dalam menghafal Alquran 30 juz dalam waktu yang relatif singkat justru karena salah satunya melibatkan keterlibatan tadabbur yang diterjemahkan. Yayasan Karantina Tahfizh Alquran Nasional merupakan lembaga nonformal yang bergerak dalam bidang percepatan penghafalan Alquran melalui pengelolaan sistem karantina yang menggunakan metode hafalan Alquran disertai dengan tadabbur menterjemahkan setiap kata, sehingga proses menghafal al-Qur'an dapat berjalan efektif dan efisien sesuai target yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan pengelolaan sistem karantina di Yayasan Karantina Nasional Tahfizh Al-Qur'an Kuningan, Jawa Barat, dengan sub fokus analisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pemantauan di Tahfizh Al-Qur 'Kuningan. Yayasan Karantina Nasional, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Pendiri Metode Alquran Yadain Litahfizhil, Pengurus Yayasan, Koordinator Pembimbing, Publikasi, Dokumentasi, dan Pembimbing Pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga ini telah menerapkan sistem manajemen karantina dengan tingkat keberhasilan yang cukup baik, terbukti dari data yang diperoleh bahwa 30,2% peserta telah menyelesaikan hafalan 30 juz, 6,3% menyelesaikan hafalan 20-29 juz, 27,2% Tuntas hafalan 10-19 juz dan 36,3% tuntas hafalan 1-10 juz khusus program peningkatan bacaan (tahsin).
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1S5qhUChHsFBzB_H_Ds9br6mBQFSg6FoV
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/839


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya