PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI YAYASAN NUURUSSHIDDIIQ KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI YAYASAN NUURUSSHIDDIIQ KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Wawan Sonjaya, M.Pd
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author SRI MARYATI
dc.contributor.editor SRI MARYATI
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:10Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:10Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2017.8.1.2.0026
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/837
dc.description Kata Kunci : Referensi :
dc.description.abstract Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kepala sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Yayasan Nurusshidiq Kabupaten Cirebon Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan dibidang pendidikan yang membutuhkan manajer pendidikan yang mampu mengelola satuann pendidikan dan mampu meningkatkan motivasi kerja guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Ada tiga penyebab rendahnya Motivasi guru yaitu 1). profesi guru bukan pilihan pekerjaannya . 2). Profesi guru bukan panggilan jiwa, 3). banyak guru yang tidak mau mengembangkan diri untuk menambah pengetahuan dan kompetensinya sebagai motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini ingin memperoleh dan menganalisis data tentang : (1) Hubungan Gaya Kepemimpin dan Disiplin kepala sekolah di Yayasan Nurusshidiq Kabupaten Cirebon;(2) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi kerja Guru di Yayasan Nurusshidiq Kabupaten Cirebon;(3) Pengaruh Disiplin Guru terhadap motivasi kerja Guru Yayasan Nurusshidiq Kabupaten Cirebon ;(4) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kepala sekolah secara bersama-sama terhadap Motivasi kerja Guru Yayasan Nurusshidiq Kabupaten Cirebon. Adapun Metode yang digunakan adalah dengan metode Survey dengan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif.Populasi data Tenaga Pendidik adalah 115 orang dan menggunakan simple random sampling sejumlah 53 Orang .Teknik Pengumpulan data yang utama digunakan adalah Angket . Hasil Penelitian ini menunjukan (1) hubungan antara Gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan Disiplin kepala sekolah (X2). Koefisien korelasinya sebesar 0,636 dengan nilai Sig. 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat korelasi antara Gaya kepemimpinan dengan Disiplin kepala sekolah dengan kategori hubungan yang cukup kuat. (2) Pengaruh Gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja Guru cukup kuat yaitu sebesar 38% dan sisanya sebesar 62% dipengaruhi faktor lain. (3). Pengaruh disiplin kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru cukup kuat yaitu sebesar 40,7% dan sisanya sebesar 59,3% dipengaruhi faktor lain. (4) Gaya kepemimpinan dan Disiplin kepala sekolah secara bersama-sama memberikan pengaruh yang cukup kuat dan signifikan terhadap Motivasi kerja guru Guru yaitu sebesar 53,2% dan sisanya sebesar 46,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi berprestasi juga dapat dijadikan acuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas kinerja.. Motivasi yang dimiliki oleh seorang guru akan berpengaruh pada kinerjanya di sekolah. Seorang guru yang memiliki motivasi kerja yang tinggi akan lebih terdorong untuk meningkatkan kemampuannya dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sehingga menghasilkan kerja yang maksimal
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject
dc.title PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI YAYASAN NUURUSSHIDDIIQ KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya