PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP MANAJEMEN KELAS GURU RA DI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP MANAJEMEN KELAS GURU RA DI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author WASIAH
dc.contributor.editor WASIAH
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:08Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:08Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2016.8.1.1.0093
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/833
dc.description Kata Kunci : Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK WASIAH. NIM. 2016. 8.1.1.0093 “Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Manajemen Kelas Guru RA di Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon” Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah terjadinya kondisi bertolakbelakang yang ada antara teori dan kenyataan di lapangan. Di mana kedisiplinan dan kompetensi pedagogik tidak berbanding lurus dengan kemampuan manajemen kelas guru di RA Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Selain itu rendahnya kompetensi pedagogik guru ikut memberikan pengaruh rendahnya kemampuan manajemen kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari kedisiplinan dan kompetensi pedagogik guru terhadap manajemen kelas yang diterapkan di RA Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket kepada 37 responden yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Hubungan kedisiplinan dengan kompetensi pedagogik guru termasuk kuat dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa demikian nilai thitung (2,750) > dari ttabel (1,690) artinya terdapat hubungan positif dan signifikan. 2) Pengaruh kedisiplinan terhadap manajemen kelas guru termasuk cukup kuat dan uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (3,326) > dari ttabel (1,690) signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan. 3) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap manajemen kelas guru termasuk kuat dan uji hipotesisnya menunjukkan nilai thitung (50,96) > dari ttabel (1,690) signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan. 4) Pengaruh kedisiplinan dan kompetensi pedagogik secara bersamaan terhadap manajemen kelas guru RA di Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon termasuk kuat dan hasil uji hipotesis menunjukan nilai Fhitung 16,427 > dari Ftabel 3,23 artinya signifikan, yaitu kedisiplinan (X1) dan kompetensi pedagogik (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap manajemen kelas (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kedisiplinan guru dan kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi yang berarti terhadap manajemen kelas guru di RA Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Kata Kunci: Kedisiplinan, Pedagogik, Manajemen.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject
dc.title PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP MANAJEMEN KELAS GURU RA DI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya