Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON |
Penulis: | YADI CAHYADI |
Abstrak: | ABSTRAK Sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah, penelitian ini dimaksudkan untuk menguungkap tentang mutu layanan pendidikan yang dilakukan pada sekolah yang berada pada naungan Yayasan Al Washliyah Kabupaten Cirebon, serta mengungkap faktor-faktor yang dipandang turut menentukan mutu layanan pendidikan, yakni Kompetensi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendiknas No. 13 tahun 2007 dan Partisipasi Masyarakat yang semakin diharapkan untuk mengikuti paradigma baru pendidikan yang berkembang ke arah sistem desentralisasi pendidikan, sehingga peran serta masyarakat semakin diperlukan. Penelitian dilakukan pada sekolah yang berada pada naungan Yayasan Al Washliyah Kabupaten Cirebon yang sudah lama berdiri dengan jumlah guru 106 orang diambil 51 orang sebagai responden penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dalam penelitian ini ada tiga variabel penelitian yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu Kompetensi Kepala Sekolah ( X1), dan Partisipasi Masyarakat ( X2 ), serta satu variabel terikat yaitu Mutu Layanan Pendidikan ( Y ). Kompetensi kepala sekolah ditinjau berdasarkan Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah. Partisipasi masyarakat dilihat dari aspek sumber partisipasi, mekanisme partisipasi, dan bentuk partisipasi masyarakat. Mutu layanan pendidikan ditinjau sesuai dengan Standar nasional Pendidikan yaitu PP 19 tahun 2005. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahuai besarnya hubungan antara kompetensi kepala sekolah dan partisipasi masyarakat terhadap mutu layanan pendidikan di Sekolah Al Washliyah Kabupaten Cirebon. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menggambarkan bahwa mutu layanan pendidikan pada sekolah yang berada pada naungan Yayasan Al Washliyah Kabupaten Cirebon cukup baik dengan mencapai nilai 79,63 % dari standar mutu yang dijadikan kriteria penilaian. Hal itu sejalan dengan kompetensi kepala sekolah yang mencapai skor 76,8 % dari kompetensi yang dipersyaratkan dan paartisipasi masyarakat mencapai 63,94 %. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa kompetensi kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan dengan persentase kontribusi sebesar 28,70 %, dan partisipasi masyarakat berkontribusi terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 18,58 %. Secara bersama-sama kompetensi kepala sekolah dan partisipasi masyarakat berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 34,11 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Keyword : kompetensi, partisipasi, mutu, pendidikan |
Deskripsi: | Kata Kunci : Referensi : |
URI: | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/828 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |