MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP AL IKHLAS ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP AL IKHLAS ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP AL IKHLAS ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON
Penulis: Maksum
Abstrak: Maksum : “Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon”. NIM : 2018.8.1.3.0009 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon baik dari sisi sistem penganggaran, pengorganisasian, pembukuan pembiayaan, dan sistem pengawasan. SMP Al Ikhlas Astanajapura dalam mengelola keuangan terlihat tertib dan rapi. Pengelolaan keuangan dipegang oleh bendahara sekolah dan dibantu oleh kepala Sekolah sebagai pengontrol biaya keluar. Efisiensi dan efektivitas manajemen pembiayaan pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura akan diukur tingkat keberhasilan penggunaan dana dalam membiayai semua program yang menjadi prioritas pengembangan sekolah. Indikator keberhasilan tersebut dapat diukur dari proses penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan pendidikan, penyerapan anggaran serta kelancaran proses pembelajaran, prestasi siswa diberbagai bidang, prestasi sekolah baik akademis maupun non akademis, dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karenanya perlu penelitian strategi perencanaan manajemen pembiayaan pendidikan yang dimaksudkan untuk memotret sekolah tersebut, bahwa dengan desain penganggaran (budgeting), pembukuan (actuating), dan pemeriksaan (auditing) pembiayaan pendidikan yang baik dapat menghasilkan output yang sesuai harapan dan RKAS, Koperasi, Produksi Percetakan, Kantin dan Donatur yang dapat dijadikan pedoman dengan anggaran nyata tanpa rekayasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling dipilih dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan : (1) Anggaran Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, yaitu dengan cara mengefektifkan seluruh sumber daya yang ada, dalam rangka menunjang ketercapaian proses pembiayaan pendidikan, sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. (2) Pengorganisasian di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon sudah terlaksana dengan efektif. Hal tersebut sudah terbukti dengan adanya penetapan susunan organsiasi yang disusun dengan terstruktur dan pengelompokkan komponen kerja kedalam struktur organisasi yang tersusun teratur. (3) Pembukuan Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon telah berjalan efektif. Dalam hal ini pembukuan pembiayaan pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon, sebagai implikasi bahwa stakeholder SMP telah melakukan pembukuan pembiayaan pendidikan dengan baik. (4) Pengawasan Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon sudah sangat efektif. Kepala Sekolah berperan sebagai pimpinan dalam mengontrol bawahannya baik Bendahara Sekolah, Dewan Guru, Staff TU.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Pembiayaan, Pendidikan. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1nNaXnsfsZBg8tmmtJVadAXl02VayInxv
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/805
Tanggal: 2021-06-12


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya