IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS SALAFIAYAH BODELOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS SALAFIAYAH BODELOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd.
dc.contributor.author SUTISNA
dc.contributor.editor SUTISNA
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:50Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:50Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-08-12
dc.identifier 2017.8.1.2.0087
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1J0mEHZriqh2QbpPbXDk3CFD0aFBOj-Bx
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/801
dc.description Kata Kunci : Kata kunci: implementasi MBS, keperyaan masyarakat Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK “ Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Salafiyah Bodelor Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. ” SUTISNA Dalam konteks madrasah, kepercayaan merupakan sejauhmana orang tua membangun persepsi tentang madrasah yang bermuara pada sejauhmana orang tua menitipkan anaknya untuk menempuh pendidikan di madrasah. Lebih lanjut, kepercayaan terhadap madrasah dapat berbentuk sejauhmana orang tua menginfaqkan sebagian rezekinya ataupun wakaf untuk menopang keberlangsungan madrasah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi manajemen berbasis sekolah, strategi dalam membangun trust building , dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap MTs Salafiyah Bode Lor. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berpijak dari fenomena yang ada di locus penelitian kemudian dideskripsikan secara natural tanpa interpretasi subjektif dari peneliti. Instrumen penelitian digunakan untuk menggali data dari informan. Peneliti menyusun lembar observasi yang akan digunakan sebagai alat untuk menggambil data dari kegiatan pengamatan selama penelitian berlangsung. Selain itu disusun interview guide yang disusun secara terstruktur berisi daftar pertanyaan yang akan disampaikan kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen berbasis sekolah di MTs Salafiyah Bode Lor dilaksanakan secara sistemik, melibatkan semua stakeholder. Domain manajemen berbasis sekolah mencakup delapan Standar Nasional Pendidikan meliputi Standar Isi, Proses, SKL, Pendidik dan Tanaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian. Dalam membangun kepercayaan, MTs Salafiyah Bode Lor menggunakan pendekatan islami yang meliputi pendekatan kejujuran, pelayanan yang baik, pemimpin yang dipercaya masyarakat, pengembangan sumber daya, dan ikut dalam berbagai eksibisi. Kepercayaan yang dibangun dan ada dalam masyarakat tingkatnya pada level kepercayaan rasional. Masyarakat percaya terhadap MTs Salafiyah Bode Lor karena kualitas dan sistem nilai yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah penguatan MBS secara sistemik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap tata kelola kelembagaan.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Kata kunci: implementasi MBS, keperyaan masyarakat
dc.title IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MTS SALAFIAYAH BODELOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya