MANAJEMEN KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 3 KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 3 KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Mumun Munawaroh, M.Si
dc.contributor.author KURNIA JUMIYATI
dc.contributor.editor KURNIA JUMIYATI
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Saefuddaulah Mehir, M.M.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:47Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:47Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-08-13
dc.identifier 2017.8.1.2.0043
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/796
dc.description Kata Kunci : Manajemen, kurikulum , Taman Kanak-kanak Referensi :
dc.description.abstract Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan proses Pendidikan sehingga tujuan Pendidikan tercapai secara efektif dan efisien, terutama dalam membedayakan berbagai sumber belajar serta pengalaman belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan gambaran serta menjawab permasalahan bagaimana perencanaan, pengorganisasi, pelakasanaan serta evaluasi kurikulum yang dilakukan Taman kanak-kanak Al-Azhar 3 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni mendeskripsikan manajemen kurikulum PAUD di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ni menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan memverifikasi terhadap data yang telah terkumpul melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon yang meliputi perencanaan, pengorganisasi, pelaksanaan dan evaluasi sudah berjalan baik meskipun ditemui kendala antara lain dalam membuat RPPM dan RPPH apalagi dalam kondisi terjadi perubahan kurikulum secara nasional. PerencanAaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROSEM, RPPM dan RPPH. Pelaksanaan Kurikulum di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru yang akan menjadi dasar mengevaluasi kurikulum secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum manajemen kurikulum di TK Al-azhar 3 Kota Cirebon telaah berjalan sebagaimana mestinya yang sesuai dengan regulasi dan teori yang digunakan akan tetapi perlu dilakukan pengawasan yang lebih oleh kepala sekolah dalam pelaksanaannya.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, kurikulum , Taman Kanak-kanak
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 3 KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya