Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.advisor | Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd. | |
| dc.contributor.advisor | Dr. Mumun Munawaroh, M.Si | |
| dc.contributor.author | KURNIA JUMIYATI | |
| dc.contributor.editor | KURNIA JUMIYATI | |
| dc.contributor.other | Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd. | |
| dc.contributor.other | Dr. H. Saefuddaulah Mehir, M.M. | |
| dc.contributor.other | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
| dc.contributor.other | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-04T03:40:47Z | |
| dc.date.available | 2023-01-04T03:40:47Z | |
| dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon | |
| dc.date.issued | 2021-08-13 | |
| dc.identifier | 2017.8.1.2.0043 | |
| dc.identifier.uri | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/796 | |
| dc.description | Kata Kunci : Manajemen, kurikulum , Taman Kanak-kanak Referensi : | |
| dc.description.abstract | Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan proses Pendidikan sehingga tujuan Pendidikan tercapai secara efektif dan efisien, terutama dalam membedayakan berbagai sumber belajar serta pengalaman belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan gambaran serta menjawab permasalahan bagaimana perencanaan, pengorganisasi, pelakasanaan serta evaluasi kurikulum yang dilakukan Taman kanak-kanak Al-Azhar 3 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni mendeskripsikan manajemen kurikulum PAUD di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ni menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan memverifikasi terhadap data yang telah terkumpul melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon yang meliputi perencanaan, pengorganisasi, pelaksanaan dan evaluasi sudah berjalan baik meskipun ditemui kendala antara lain dalam membuat RPPM dan RPPH apalagi dalam kondisi terjadi perubahan kurikulum secara nasional. PerencanAaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROSEM, RPPM dan RPPH. Pelaksanaan Kurikulum di TK Al-Azhar 3 Kota Cirebon tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru yang akan menjadi dasar mengevaluasi kurikulum secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum manajemen kurikulum di TK Al-azhar 3 Kota Cirebon telaah berjalan sebagaimana mestinya yang sesuai dengan regulasi dan teori yang digunakan akan tetapi perlu dilakukan pengawasan yang lebih oleh kepala sekolah dalam pelaksanaannya. | |
| dc.publisher | Manajemen Pendidikan Islam (S2) | |
| dc.subject | Manajemen, kurikulum , Taman Kanak-kanak | |
| dc.title | MANAJEMEN KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 3 KOTA CIREBON | |
| dc.type | Thesis S2 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||