PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMK PUI PROGRAM KESEHATAN KOTA CIREBON

Repositori IAIBBC

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMK PUI PROGRAM KESEHATAN KOTA CIREBON

Perlihat publikasi penuh

Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMK PUI PROGRAM KESEHATAN KOTA CIREBON
Author: WIWIN ROBIYATUL AULIYAH
Abstract: ABSTRAK WIWIN ROBIYATUL AULIYAH. NIM 2015.1.18.1.02135. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK PUI PROGRAM KESEHATAN KOTA CIREBON” Skripsi ini membahas pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK PUI Program Kesehatan Kota Cirebon tahun ajaran 2019/2020. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model-model pembelajaran yang monoton membuat siswa kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran berlangsung yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK PUI Program Kesehatan Kota Cirebon tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey risercrh kuensioner (angket) dan Teknik analisi data menggunakan regresi linier sederhana. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMK PUI Program Kesehatan berjumlah 27 siswa dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Hasil peneilitan menunjukan bahwa: (1) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMK PUI Program Kesehatan Kota Cirebon. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata mean angket 30,65, dengan kategori baik. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMK PUI Program Kesehatan Kota Cirebon. Hasil analisis dan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 72,91 dengan kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang sigifikan dari model pembelajaran Cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMK PUI Program Kesehatan Kota Cirebon terbukti dari perhitungan t_hitung yang diperoleh 4,389 dengan uji hipotesis yang menunjukan bahwa t_hitung>t_tabel (4,389 > 2,08596) dan signifikansi 0,05 (0,05>0,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Berdasarkan nilai R Square (R2) sebesar 0,478 yang dipersentasikan menjadi 47,8%, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar (Y) dipengaruhi sebesar 47,8% oleh penggunaan model pembelajaran cooperative script (X) artinya mempunyai pengaruh yang “Kuat” sedangkan sisanya 52,2% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan diatas implikasinya bahwa model pembelajaran cooperative script dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan catatan metode ini diterapkan dengan sebaik-baiknya. Kata kunci: cooperative script, hasil belajar
Description: Kata Kunci : cooperative script dan hasil belajar
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/793


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku