MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL BANIN KALIWADAS SUMBER CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL BANIN KALIWADAS SUMBER CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL BANIN KALIWADAS SUMBER CIREBON
Penulis: ASEP MOH. HIDAYATULLAH
Abstrak: ASEP MOH. HIDAYATULLAH, 2021, Manajemen Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Cirebon Pendidikan, khususnya pendidikan Islam, dengan paradigma pluralis multikultural, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk segera didesain dalam proses pembelajaran. Dunia pesantren dengan sisi positif negatifnya tentu bukan hal yang asing lagi. Sering terdengar bahwa pesantren merupakan ajang melunturkan rasa nasionalisme pada jiwa generasi muda. Pendidikan pluralis-multikultural merupakan pendidikan yang memberikan penekanan terhadap proses penanaman cara hidup yang harmonis yang tentu saja semua dapat diraih dengan manajemen pendidikan yang baik. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Sumber Cirebon. Tujuan khusus penelitian, yaitu mendeskripsikan tentang: 1.Bagaimana Perencanaan dan Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon? 2. Bagaimana Pengorganisasian dan Evaluasi akhir dalam Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon? 3. Bagaimana Pelaksanaan dalam Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon? 4. Bagaimana Pengawasan dan Evaluasi akhir dalam Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon? Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah Mudir Ma’had, Pengasuh, dewan Asatidz dan Orang tua santri. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi.. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpatisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyelenggaraan manajemen pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Cirebon secara umumnya (over all) sudah terlaksana dengan baik walaupun kurang optimal, masih banyak yang harus dilakukan pembenahan, baik pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, kontrol dan evaluasinya, serta kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan yang diambil dari kitab-kitab yang didalamnya memiliki nilai-nilai multikultural, yang kemudian di implementasikan dengan belajar hidup berdampingan dengan masyarakat dengan desain antara lain; kebersamaan, kesetaraan, kegiatan harian yang terjadwal, tata tertib pondok pesantren. Penilaian pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Cirebon dengan indikator berupa perubahan perilaku sikap, moral, dan mental serta pandangannya tentang keragamanan sosial, budaya ekonomi, dan politik yang menjadi pemersatu bangsa.
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1x7QaApFfnE_AgRWusPPYlS2cgNH1nE3T
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/791
Tanggal: 2021-08-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya