MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author Rusita
dc.contributor.editor Rusita
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Nurul Iman Mustopa, M.Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:42Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:42Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-08-13
dc.identifier 2018.8.1.3.0024
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1DCO5iAHialycR2pTG8B2EWB0NzWm58Vx
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/789
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, dan Ekstrakurikuler. Referensi :
dc.description.abstract RUSITA (2018.8.1.3.0024), MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID CIREBON. Pendidikan karakter sekarang sudah mulai luntur atau berkurang di setiap satuan pendidikan. Masih banyak tawuran antara peserta didik sehingga masyarakat merasa terganggu dan tidak nyaman. Minum-minuman keras diminum oleh peserta didik tanpa ada pemikiran bisa merusak alat untuk berfikir (otak). Perkembangan teknologi juga dapat mempengaruhi karakter peserta didik yang negatif, seperti sifat individualistik dan informasi yang negatif. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi dan mendeskripsikan a) perencanaan, b) pengorganisasian, c) pelaksanaan dan d) pengawasan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif dengan melibatkan tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Data tersebut diolah dan disajikan dalam kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: a) Perencanaan: dimulai dari hasil evaluasi kegiatan tahun kemarin, membuat program, disinkronkan dengan kalender madrasah dan pesantren, kemudian dimusyawarahkan, b) Pengorganisasian: ketua pesantren, ketua tripala, pembina, pengurus, anggota muda dan siswa, c) Pelaksanaan: ketua Tripala, pembina, pengurus, anggota muda dan siswa, dan d) Pengawasan: pengurus, pembina, ketua Tripala dan ketua Pondok pesantren Nurul Hadid Kabupaten Cirebon.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Pendidikan Karakter, dan Ekstrakurikuler.
dc.title MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya