MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL AZHAR 5 CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL AZHAR 5 CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author Ucu Supardi
dc.contributor.editor Ucu Supardi
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:23Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:23Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-09-18
dc.identifier 2018.8.1.3.0004
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=11yjcufRYyYJXi6XOSJ5_pS7fs09EvTn6
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/783
dc.description Kata Kunci : manajemen, pembiayaan pendidikan, dan mutu pendidikan Referensi :
dc.description.abstract Manajemen pembiayaan merupakan unsur penting penyelenggaraan pendidikan. Adanya pengelolaan pembiayaan yang baik maka sekolah dapat melaksanakan program pendidikan yang telah direncanakan, dapat menghasilkan pendidikan bermutu. SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon memiliki manajemen pembiayaan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hal tersebut penelitian mengkaji lebih dalam Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yaitu: (1) Mengetahui perencanaan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, (3) Menganilisis pengawasan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) pengamatan berpartisipasi, (2) wawancara, (3) analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dilakukan secara musyawarah dengan melibatkan semua pihak, (2) Pelaksanaan pendidikan meliputi penerimaan dana dan pengeluaran dana, setelah kegiatan selesai maka membuat laporan penggunaan dana. (3) Pengawasan melalui pengawasan insidental dan rutin, intern dan ekstern, yaitu secara intern dilakukan oleh kepala sekolah, yayasan dan komite sekolah, secara ekstern dilakukan oleh BPK dan Dinas Pendidikan. Implikasi penelitian adalah terdorongnya pendidik dan tenaga kependidikan memahami pengelolaan pembiayaan yang efektif, efisien, transparansi, terciptanya tanggung jawab terhadap mutu pendidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject manajemen, pembiayaan pendidikan, dan mutu pendidikan
dc.title MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL AZHAR 5 CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya