MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 9 MAJALENGKA

Publikasi Unusia

MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 9 MAJALENGKA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 9 MAJALENGKA
Penulis: Endas Sudasna
Abstrak: Sudasna, Endas. 2018.8.1.3.0021 “Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka”. Tesis, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Peningkatan mutu lembaga pendidikan dasar tidak dapat dilepaskan dengan upaya peningkatan mutu peserta didik. Upaya peningkata mutu pendidikan tidak akan memenuhi sasaran yang diharapakan tanpa dimulai dengan peningkatan mutu peserta didik. Mutu adalah sebuah perubahan yang memerlukan jangka panjang. Untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang bermutu diawali dari peningkatan kualitas tenaga pendidik yang memegang peranan penting dalam membentuk peserta didik yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menganalisis formulasi strategi kepala sekolah dalam peningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kepala sekolah dalam peningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri 9 Majalengka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman: yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang waktu penelitian dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan menggunakan referensi. Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Formulasi srategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka melalui: (a) Analisis lingkungan internal (b) Analisis lingkungan eksternal (c) pemilihan strategi, (2) implementasi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar, melalui, (a) program kelas unggulan, (b) program kurikulum, (c) program kesiswaan (d) program sarana dan prasarana (e) program humas, (f) program komite sekolah, (g) program peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. (3) evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 9 Majalengka yang dilakukan yaitu, (a) Melaksanakan supervisi MGMP (Musyawarag Guru Mata Pelajaran) diantaranya supervise akademik, supervisi kesiswaan, supervisi ekstrakurikuler, supervisi laboratorium, supervisi perpustakaa, dan supervisi sarana dan prasarana (b) Masing-masing koordinator atau penanggung jawab program membuat laporan kegiatan, (c) Melakukan evaluasi rutin pada proses pembelajaran melalui kegiatan ulangan harian, UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Sekolah), dan tryout. Kesimpulan yang diperoleh adalah peningkatan mutu pendidikan dasar diawali dari komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, diikuti dengan peningkatan sumber daya guru dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana dan manajemen kepala sekolah. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=11Q4HhxPNa2O_LBrddkqrBPcgM6aHq85j
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/777
Tanggal: 2021-11-25


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya